Find Us On Social Media :
Ilustrasi flek hitam (@TYbububu)

Apa itu Flek Hitam? Kenali Melalui Penyebab dan Efek Sampingnya

Gema Buana Dwi Saputra - Jumat, 12 November 2021 | 12:00 WIB

Sonora.ID - Para perempuan pasti sangat benci dengan yang namanya flek hitam pada wajah. Flek hitam dinilai sangat mengganggu estetika wajah oleh para perempuan.

Sebenarnya, apa itu flek hitam?

Melalui Sonora Beauty yang tayang di Instagram Sonora FM, dr. Gregory Budiman, M.Biomed menjelaskan tentang flek hitam secara rinci.

Flek hitam adalah hiperpigmentasi yang terjadi di area kulit wajah. Setiap kulit manusia memiliki pigmen bernama melanosid.

Berdasarkan penjelasan dr. Greg, melanosid memberikan warna pada kulit seseorang. Selain itu, pigmen tersebut juga melindungi kulit manusia dari paparan sinar UV.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Dengan Mengunakan Bahan Alami

Melanosid bekerja ketika dirangsang oleh sinar UV. Saat terkena rangsangan tersebut, melanosid akan mengeluarkan pigmen untuk melindung kulit dari sinar UV.

"Sel melanosid memberikan perlindungan pada tubuh manusia dengan cara mengeluarkan pigmen. Jadi, sunscreen alami," jelas dr. Greg.

Meskipun memberikan perlindungan, ternyata melanosid tidak selamanya dapat bekerja dengan baik loh. Terdapat beberapa penyebab terjadinya flek hitam akibat melanosid yang malfungsi.

Penyebab Flek Hitam

Seperti yang sudah diketahui bahwa paparan sinar UV sangat berbahaya bagi kulit manusia.

Sehingga, paparan sinar UV yang berlebihan dapat membuat hiperpigmentasi terjadi dan flek hitam pun akan bermunculan di kulit wajah seseorang.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Gunakan Krim Dengan Kode 'K' Berwarna Merah, Dokter: Bisa Sebabkan Ochronosis