Find Us On Social Media :
Zodiak Paling Pendiam ()

Apa Itu ‘Phubbing’? Kenali Perilaku Anti Sosial di Era Digital

Shaniya Ramadini - Kamis, 25 November 2021 | 10:45 WIB

Sonora.ID - Ada salah satu istilah yang mungkin asing bagi kebanyakan orang, tapi ternyata seringkali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, yaitu Phubbing. Ketika seseorang yang asyik dengan gadgetnya dalam suatu pertemuan atau  berhadapan dengan orang lain, inilah yang disebut dengan Phubbing.

Bisa jadi Phubbing ini menggambarkan fenomena di mana seseorang mempunyai perilaku anti sosial dan cenderung mengabaikan orang lain di sekitarnya bahkan di hadapannya. Istilah phubbing sendiri berasal dari kata phone, yang berarti telepon, dan snubbing, yang artinya adalah menghina.

Pada Mei 2012 tepatnya di Australia, terminologi ini pertama kali dicetuskan. Pada saat itu, istilah phubbing digunakan untuk menggambarkan fenomena yang berkembang di era digital oleh sebuah biro iklan negara Australia.

Sebagian besar orang justru lebih asyik bermain ponsel, daripada berinteraksi dengan teman dan keluarga yang berada sekitarnya bahkan di depannya.

Melansir dari Kompas.com, sebuah penelitian membuktikan jika dalam sehari lebih dari 17 persen orang melakukan phubbing kepada orang lain sebanyak kurang lebih empat kali. Sedangkan hampir 32 persen orang dalam sehari telah menjadi korban phubbing hingga dua sampai tiga kali.

Kampanye anti phubbing sendiri sekarang sudah mulai banyak dilakukan karena perilaku tersebut dirasa begitu mengganggu. Seperti hubungan sosial seseorang yang terganggu bahkan sampai bisa merusak kesehatan mentalnya. 

Baca Juga: Tren Challenge di Instagram jadi Modus Penipuan, Hati-hati Unggah Data Pribadi!