Find Us On Social Media :
Aksi Mitigasi dan Adaptasi Masyarakat, Diganjar Pemprov Kalsel dengan Apresiasi ProKlim 2021 ()

Aksi Mitigasi dan Adaptasi Masyarakat, Diganjar Pemprov Kalsel dengan Apresiasi ProKlim 2021

Prameswari Sasmita - Kamis, 2 Desember 2021 | 12:15 WIB

Banjarbaru, Sonora.ID - Pemanasan suhu bumi, kenaikan batasan air laut, terjadinya banjir, kini sudah dirasakan masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kalau tidak ada upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim tersebut, maka bukan tidak mungkin, bencana dahsyat akan dirasakan masyarakat banua dalam beberapa tahun kedepan.

Oleh karenanya, dalam menghadapi perubahan iklim, seluruh pihak termasuk masyarakat perlu melakukan tindakan adaptasi untuk menyesuaikan diri terhadap dampak yang terjadi.

Meski dampaknya belum terasa secara luas, paling tidak perubahan perilaku itu sudah dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.

Sebut saja salah satunya pengolahan sampah organik yang dihasilkan warga menjadi kompos sederhana, dan pemanfaatannya digunakan untuk kalangan sendiri.

Sebagai apresiasi keterlibatan masyarakat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan Apresiasi berupa Program Kampung Iklim (ProKlim).

Untuk tingkat Kalsel, Apresiasi ProKlim digelar Pemprov Kalsel hari ini, Rabu (01/12) di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel di Jalan Bangun Praja, Banjarbaru.

Terdapat 2 Penerima Piagam Trophy ProKlim Kategori Lestari, 6 Penerima Piagam Trophy ProKlim Utama, 30 Penerima Piagam Sertifikat ProKlim Utama, serta 39 Penerima Piagam Provinsi Mitra Pembina ProKlim.

"Kita apresiasi peran masyarakat dalam melakukan aksi mitigasi dan adaptasi masyarakat terhadap perubahan iklim," papar Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana kepada Smart FM saat ditanya soal apresiasi ProKlim 2021.

Menurut Hanifah, pihaknya sangat menghargai peran serta masyarakat dalam upaya mengurangi dampak perubahan iklim.

Baca Juga: P3E Suma: Pentingnya Mitigasi Bencana dalam Daya Dukung Lingkungan