Find Us On Social Media :
Ilustrasi Minyak Goreng (Google)

Stock Minyak Goreng Rp. 14.000 Hanya Cukup Untuk 2 Bulan, DPR: Tak Yakin Lebaran Harga Sama

Alifia Astika - Kamis, 20 Januari 2022 | 18:05 WIB

Sonora.ID - Belakangan ini harga Minyak Goreng melejit tajam namun sejak 19 Januari 2022 lalu minyak goreng dengan harga Rp 14.000,- per Liter sudah mudah untuk ditemukan.

Menurut Ketua Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia (AIMMI) Adi Wisoko Kasman mengatakan setidaknya pasokan minyak goreng saat ini ada sebanyak 47 juta liter.

Yang mana dengan angka tersebut setidaknya seluruh kebutuhan masyarakat Indonesia akan terpenuhi hingga 2 bulan mendatang.

"Kalau tradisi Indonesia kita ini, Lebaran itu pesta makan. Sehingga keperluan minyak goreng itu luar biasa. Ini perlu dari sekarang kita pikirkan, bila tidak kita terlambat. Bila kita terlambat, saya tidak tahu bakal terjadi kenaikan harga berapa," ucapnya dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi VI DPR RI, di Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Demi Cukupi Stock, Retail Terpaksa Batasi Pembelian Minyak Goreng Rp 14.000 Per Liter

Adi mengkhawatirkan stok minyak goreng terlebih pada saat hari raya idul fitri mendatang.

Dirinya bahkan meragukan apakah kebijakan harga mintak goreng Rp.14ribu per liter ini mampu bertahan hingga hari raya Idul Fitri tiba.

"Sekarang minyak goreng kita 46 juta sampai 47 juta liter, itu cukup untuk dua bulan saja. Selanjutnya, ya silakanlah, Apa bisa tercover dengan konsumsi yang sangat tinggi untuk bulan-bulan (jelang Lebaran). Ditambah lagi, ada ekstra pembelian dari internasional. Artinya, muslim country pasti beli minyak lebih banyak, mereka juga butuh," katanya.

Dalam hal ini pihaknya beserta jajaran Komisi VI DPR meminta untuk mengawasi kebutuhan akan minyak goreng di tengah masyarakat, terutama pada saat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

"Ini saya mohon bapak pimpinan dan para kawan-kawan Dewan ikut memonitor. Ini fakta, pengalaman yang selama ini kita cemplung di dalam (dunia) minyak goreng," ujar Adi.

 Baca Juga: Minyak Goreng di Pasar Induk Kramat Jati Masih di Atas Rp. 14.000/liter, Pedagang Masih Enggan Menambah Stok

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Asosiasi Sebut Stok Minyak Goreng Cukup untuk 2 Bulan, Selanjutnya?",