Find Us On Social Media :
Pabrik Sablon Kain Batik di Jaten Karanganyar Hangus Terbakar (Tribun Solo)

Pabrik Sablon Kain Batik di Jaten Karanganyar Hangus Terbakar

Wanda Ayudya - Rabu, 26 Januari 2022 | 16:40 WIB

Solo, Sonora.ID - Selasa (25/1/2022) malam, telah terjadi kebakaran di Desa Suruhkalang, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, tepatnya di Dusun Jetak Ngental RT 01 RW 03.

Kebakaran tersebut terjadi di sebuah bangunan besar yang merupakan pabrik penyablonan kain batik milik perusahaan Sekar Ayu Batik.

Sampai pada pukul 22.15 WIB, regu pemadam kebakaran dibantu oleh relawan masih berjuang memadamkan kobaran api. Laporan awal masuk sekitar pukul 20.00 WIB, 5 unit mobil damkar telah dikerahkan dalam proses pemadaman tersebut, terdiri dari 2 unit Damkar Karanganyar, 1 unit Damkar Surakarta, dan 2 unit Damkar Sukoharjo.

Mobil damkar dikerahkan di berbagai penjuru pabrik utamanya untuk mempercepat pemadaman sehingga api tidak menjalar ke permukiman.

Saat kejadian di lokasi kejadian terlihat banyak warga yang berdiri untuk menonton kebakaran tersebut. Kebakaran bermula ketika salah satu warga bernama Agus mendengar suara ledakan dari belakang rumahnya tepatnya di pabrik. Setelah di cek ternyata api sudah membesar.

Saksi segera memberitahu pemilik pabrik dan pemadam kebakaran.

Saat ditemui Petugas Satpol PP Karanganyar, Renggo Buono, mengatakan bahwa dirinya mendapatkan laporan dari warga mengenai kebakaran ini sekitar pukul 20.00 WIB. Kemudian pada pukul 20.10 pihaknya tiba di lokasi kejadian.

"Kami menerima laporan bahwa Pabrik Sablon Sekar Ayu Batik milik pak Parman terbakar, kami langsung datang ke lokasi kejadian," terangnya.

Oleh karena bangunan yang terbakar merupakan pabrik penyablonan kain batik yang mempunyai banyak tumpukan kain, maka api cepat menyebar dan berkobar-kobar.

Baca Juga: Polda Kalimantan Barat Gelar Apel Siap Siaga Karhutla di Kubu Raya

Beruntung, proses pemadaman berjalan dengan lancar karena tim pemadam berhasil menguasai api dan saat ini TKP sudah dalam proses pendinginan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, untuk kerugiannya belum bisa ditafsir namun diduga cukup banyak karena kebakaran tersebut melibatkan pabrik besar.