Find Us On Social Media :
Ilustrasi donor darah (Kompas.com)

Viral! Apa Itu Darah Emas? Hanya Dimiliki oleh Orang Terpilih?

Prameswari Sasmita - Senin, 31 Januari 2022 | 09:30 WIB

Sonora.ID - Masyarakat Indonesia mungkin tidak asing dengan istilah ‘darah biru’ yang menggambarkan seseorang dengan keturunan kerajaan atau keraton, mereka biasanya disebut sebagai orang berdarah biru.

Di sisi lain, masyarakat Indonesia juga mengenali pembagian golongan darah, O, AB, A, dan B yang biasanya diperlukan dalam hal medis untuk keperluan medis juga.

Tetapi belakangan ini dibahas mengenai suatu jenis darah yang berbeda yang langsung menjadi sorotan banyak orang, yaitu darah emas.

Darah Emas

Apakah darah emas? Dan siapa saja yang memiliki jenis darah yang satu ini?

Dikutip dari MedicineNet, ternyata golden blood atau darah emas ini memang tidak dimiliki oleh banyak orang, hanya segelintir orang di dunia ini saja yang memiliki jenis darah dalam kategori darah emas tersebut.

Ternyata istilah ini digunakan untuk jenis golongan darah yang sangat langka, sehingga orang yang memilikinya disebut sebagai golongan darah emas, karena memang sangat berharga.

Golongan darah yang satu ini disebut sebagai golongan darah Rh null yang merupakan golongan yang tidak mengandung antigen Rh (protein) di dalam sel darah merah (RBC) mereka.

Artinya, dalam pemilik golongan darah emas, mereka tidak memiliki semua jenis antigen Rh, sedangkan seseorang dengan golongan darah Rh- hanya kekurangan antigen RhD.

Baca Juga: Memperpendek Umur, Ini Makanan yang Harus Dihindari Golongan Darah A