Find Us On Social Media :
Ilustrasi Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi – GITET (Sonora FM Surabaya)

GITET Ngimbang Gangguan, PLN Investigasi Penyebab  

Budi Santoso - Jumat, 11 Februari 2022 | 18:15 WIB
 

Surabaya, Sonora.ID – Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi / GITET 500 KV Ngimbang PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur sempat alami gangguan, Jumat (11/02/2022).

Gangguan pada GITET 500 KV Ngimbang PLN yang berlokasi di Kabupaten Lamongan ini berdampak pada suplai aliran listrik di Pulau Madura, sebagian wilayah Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Tuban dan Bojonegoro.

Manajer Komunikasi PLN Distribusi Jawa Timur, Fenny Nurhayati menyampaikan, bahwa sebelumnya telah terjadi gangguan GITET 500 kV Ngimbang pada Jumat (11/02) pukul 08:53 WIB. Kemudian pada pukul 09:27 WIB Pulau Madura menyala total, disusul jam 09:23 WIB wilayah Bojonegoro, kemudian pukul 09:56 WIB wilayah Lamongan dan diikuti penormalan di wilayah yang lain.

“Pada akhirnya semua wilayah dinyatakan sudah menyala total pada pukul 10:33, setengah 11 an. Ketika semua sudah kembali menyala, kemudian kami informasikan kepada seluruh pelanggan bahwa secara gangguan ini sudah bisa dinormalkan kembali,” kata Fenny saat on air di Radio Sonora.

Baca Juga: Listrik PLN Masuk Desa Riam Kempadik Sintang, PLN Kucurkan investasi senilai Rp 2,9 Milyar

Ia sekaligus menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pelanggan atas gangguan ini yang sempat menyebabkan listrik padam hingga satu jam di wilayah terdampak. Sementara upaya penormalan dilakukan secara bertahap, termasuk mencari penyebab gangguan.

“Nah, gangguan ini terjadi di sutet (saluran udara tegangan ekstra tinggi) 500 KV Ngimbang di unit transmisi. Kita harus investigasi betul masalahnya dimana, yang ini sedang dalam proses. Kita fokus bagaimana semuanya normal dulu. Masih lakukan diskusi dan investigasi terhadap proses gangguan yang sedang terjadi,” ujar Fenny saat on air di Radio Sonora.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya juga menerapkan manajemen resiko dan satuan risk management masing-masing untuk mengatisipasi. Salah satunya gangguan, mulai dari pembangkit dan proses distribusi dan melakukan perbaikan.

“Jangan ada lagi gangguan yang sama dengan penyebab yang sama di lain hari. Kinerja operasi sudah baik dan kedepan lebih baik,” imbuhnya.

Baca Juga: Berkat Dukungan Kementerian ATR/BPN, PLN Berhasil Sertifikasi 71.026 Persil Tanah 

PLN menghimbau jika terdapat kendala atau gangguan kelistrikan, masyarakat bisa menyampaikan melalui aplikasi PLN Mobile yang sudah terintegrasi dengan sistem pelayanan pelanggan sampai kepada petugas di lapangan.

“Pelanggan yang perlu dibantu PLN silahkan di infokan. Aplikasi PLN Mobile atau kontak center PLN 123 untuk mengetahui titik-titik yang padam, akibat apa. Bahkan bila ada potensi bahaya terkait kelistrikan seperti tiang roboh atau karena dampak cuaca,” pungkas Fenny.