Find Us On Social Media :
Gogos ( indozone.id)

12 Makanan Khas Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang, Enggak Cuma Coto!

Diah Ayu Oktaviani - Rabu, 16 Februari 2022 | 21:04 WIB

Sonora.ID - Makassar termasuk salah satu Kota Besar di Indonesia yang menyimpan banyak pesona indah baik dari sejarah, wisata, budaya, hingga makanan khas.

Makanan yang tersedia juga beragam mulai dari makanan berat, jajanan pasar, hingga makanan selingan. Berikut beberapa makanan khas Makassar :

  1. Sop Saudara

Nama sop saudara awalnya merupakan nama dari warung yang menjual sop namun karena enak, sop ini akhirnya disebut sop saudara.

Sop saudara terbuat dari daging sapi, bihun, dan bola - bola kentang goreng, serta paru sapi goreng lengkap dengan kuah campur telur bebek.

Biasanya dihidangkan bersama dengan nasi putih, ikan bakar, serta telur rebus. Ada juga tambahan lain yaitu sambal kacang dan irisan timun. Sop saudara ini berawal dari Kabupaten Pangkep dari Makassar.

  1. Konro

Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang konon berasal dari tradisi suku Bugis yang ada di Makassar ini.

Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Makanan yang punya kuah berwarna coklat kehitaman ini biasanya dimakan dengan burasa atau ketupat yang dipotong - potong terlebih dahulu.

Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Konro ini punya aroma yang relatif kuat karena menggunakan ketumbar sebagai bahan pembuatnya.

Rasa pedas dan aroma ini dibuat dari campuran rempah, seperti ketumbar, keluwak, pala, kunyit, kencur, kayu manis, asam, daun lemon, cengkih, dan daun salam. Konro juga bisa disajikan dalam bentuk lain yaitu dibakar.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Solo Yang Terkenal Enak, Manakah yang Jadi Idola?