Find Us On Social Media :
Illustrasi Neraka (Pexels)

Masya Allah Semoga Kita Termasuk, Ini 4 Golongan yang Haram Disentuh Api Neraka

Syahidah Izzata Sabiila - Selasa, 24 Mei 2022 | 18:50 WIB

Sonora. ID - Surga menjadi impian setiap manusia yang telah meninggal dunia. Surga diciptakan oleh Allah SWT sebagai balasan atas kepatuhan manusia dalam melaksanakan perintahNya dan menjauhi larangannya.

Untuk mendapatkan surga, manusia haruslah melakukan berbagai amalan baik di dunia. Menjauhi hal-hal yang dilarang juga bisa mendatangkan pahala dan memberatkan amal sehingga terhindar dari api negara.

Setiap orang yang beriman pastilah mendambakan untuk masuk surga. Penentuan apakah seseorang akan masuk surga atau neraka tergantung dari amal perbuatan kita selama di dunia.

Dalam Islam, ada beberapa golongan orang yang disebut haram tersentuh api neraka. Siapa saja mereka? Berikut informasinya dilansir dari kanal YouTube Nasehat Islam TV.

Baca Juga: Masya Allah Patut Diamalkan Tiap Pagi, Baca Surat Ini Ketika Salat Dhuha, Tips Rezeki Berlimpah dan Doa Cepat Terkabul

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram baginya tersentuh api neraka?". Para sahabat bertanya, "Mau, wahai Rasulullah!". Beliau menjawab: "Orang yang Hayyin, Layyin, Qarib dan Sahl," (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

1. Hayyin

Salah satu golongan yang dimaksud Rasululah akan terhindar dari api neraka adalah hayyin. Hayyin adalah orang-orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir dan batin.

Orang hayyin tidak mudah marah, memaki ataupun melaknat dan menghina sesuatu.

Golongan ini juga sosok yang berjiwa teduh dan menenangkan orang-orang di sekitarnya. Sifat yang ada pada orang hayyin ini memang seharusnya dimiliki setiap muslim. Hal ini karena mereka mampu menahan amarah, menghindari perdebatan dan mengalah meskipun ia benar.