Find Us On Social Media :
Ilustrasi Jahe (Freepik.)

99 Persen Orang Indonesia Enggak Tahu, Ternyata Jahe Bisa Membahayakan Tubuh, Kok Bisa?

Kumairoh - Minggu, 19 Juni 2022 | 10:40 WIB

Sonora.ID - Sebagai negara yang paling kaya akan rempah, Indonesia memang memiliki banyak sekali jenis tumbuhan yang bisa bermanfaat untuk bumbu masakan hingga obat-obatan.

Salah satu rempah yang paling terkenal adalah jahe yang memiliki segudang manfaat. Baik digunakan sebagai bumbu maupun obat, jahe tak diragukan lagi khasiatnya.

Bahkan, tidak ada warga Indonesia yang tidak tahu dengan jahe. Rempah satu ini memang dipercaya bisa menghangatkan tubuh.

Namun di balik keunggulannya itu, tahukah kamu bahwa jahe ternyata memiliki efek samping yang mengerikan lho.

Melansir WebMD, berikut adalah deretan efek samping dari mengonsumsi jahe:

Baca Juga: Akhirnya Lepas dari Obat Pelangsing, Hanya Minum Air Rebusan Ini Tiap Pagi Lemak Perut Auto Rontok!

Jika diminum, jahe dapat menyebabkan efek samping ringan termasuk mulas, diare, bersendawa, dan ketidaknyamanan perut secara umum. Meminum jahe dalam dosis yang lebih tinggi dari 5 gram setiap hari meningkatkan risiko efek samping.

Saat dioleskan ke kulit, jahe mungkin aman digunakan dalam jangka pendek. Ini mungkin menyebabkan iritasi kulit bagi sebagian orang.

Sedangkan bagi ibu hamil, jahe kemungkinan aman bila dimakan dalam makanan. Ini mungkin aman jika diminum sebagai obat selama kehamilan.

Ini mungkin meningkatkan risiko pendarahan, jadi beberapa ahli menyarankan untuk tidak menggunakannya dekat dengan tanggal pengiriman.