Find Us On Social Media :
5 Planet sejajar pada 24 Juni 2022 (Brainly)

Kelewatan Fenomena Langka 5 Planet Sejajar Tadi Pagi? Begini Potret Penampakannya yang Berhasil Diabadikan oleh Warganet!

Sienty Ayu Monica - Jumat, 24 Juni 2022 | 09:45 WIB

Sonora.ID – Fenomena langka di mana lima planet dan bulan nampak sejajar terjadi tadi dini hari tadi, Jumat (24/6/2022), begini penampakannya seperti yang berhasil diabadikan oleh para warganet.

Warga bisa melihat planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus saat mereka berbaris dalam urutan planet dengan sejajar.

Peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran, menjelaskan bahwa fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit, sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah.

"Sejak awal fajar astronomis atau 75 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 04.30 waktu setempat, hingga akhir fajar bahari atau 25 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 05.30 waktu setempat,” ujar Andi.

Baca Juga: LANGKA Cuma Terjadi 18 Tahun Sekali, Bakal Ada Fenomena Planet Sejajar Pada 24 Juni 2022, Apa Itu?

Sejumlah warganet membagikan hasil foto pengamatan pribadinya ketika menyaksikan secara langsung kemunculan lima planet dan bulan yang sejajar di media sosialnya.

Foto-foto fenomena langka itu mulai diunggah ke media sosial seperti Twitter mulai pukul 04.00 waktu setempat.

Jika kamu tak sempat menyaksikan fenomena ini secara langsung dan penasaran seperti apa bentuk dari lima planet dan bulan yang sejajar, berikut ini penampakannya:

"Cuman berhasil nangkep begini dari mesjid RS subuh-subuh, Saturnus ga kelihatan, Jupiter, Mars, Bulan, Venus," ujar akun @HafizIkhsan yang berhasil menangkap empat planet sejajar yang ada di Indonesia.