Find Us On Social Media :
Ilustrasi berniat puasa (Pixabay)

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022, Termasuk Jadwal dan Keutamaannya!

Sienty Ayu Monica - Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:05 WIB

Sonora.ID – Berikut ini adalah bacaan niat puasa Ayyamul Bidh, jadwal, tata cara serta keutamaan dari melaksanakan puasa Ayyamul Bidh di bulan Agustus 2022.

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah selain berpuasa Senin-Kamis dan juga Puasa Daud.

Ayyamul Bidh adalah hari yang cerah dan istimewa di mana bulan purnama menyinari setiap malamnya.

Puasa Ayyamul Bidh ini hukumnya sunnah muakkad, yaitu amalan ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Hal ini juga tertulis dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas.

"Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah SAW sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (ayyamul bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian’." (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

Jadwal puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dilakukan tiga hari dalam tiap bulan ketika rembulan sedang purnama yakni, tanggal 13, 14 dan 15 tiap bulan qamariyyah.

Jadwal hari pertama Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022 atau Bulan Muharram 1443 Hijriah jatuh bertepatan pada hari Kamis tanggal 11 Agustus 2022 hingga Sabtu 13 Agustus. 

Baca Juga: Masha Allah Umat Islam Harus Tahu, Amalan Salat Jumat Ini Datangkan Pahala Seperti Puasa dan Tahajud Setahun, Apa Itu?

Niat puasa Ayyamul Bidh