Find Us On Social Media :
Ilustrasi Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan (Freepik.com)

10 Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan beserta Strukturnya

Prameswari Sasmita - Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB

Sonora.ID - Ada banyak jenis teks yang dipelajari pada bangku sekolah, salah satunya adalah teks eksposisi. Berdasarkan isinya pun teks eksposisi bisa dibagi menjadi beberapa topik, salah satunya adalah tentang kesehatan.

Seperti dikutip dari Gramedia.com, teks eksposisi adalah sebuah bentuk teks atau tulisan yang memuat tentang informasi maupun pengetahuan.

Teks yang satu ini bertujuan untuk memberikan penjelasan atau uraian mengenai suatu ide, pokok pikiran, pendapat, informasi, dan pengetahuan kepada pembaca tanpa bermaksud untuk memengaruhi.

Teks eksposisi terdiri dari beberapa hal, berikut ini adalah struktur teks eksposisi:

  1. Tesis
  2. Rangkaian argumen
  3. Penegasan ulang

Baca Juga: 9 Contoh Teks Eksposisi Singkat beserta Strukturnya, Lengkap!

Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah 10 contoh teks eksposisi tentang kesehatan.

1. Lingkungan Hidup yang Bersih Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup

(Tesis) Kualitas hidup yang baik bisa ditentukan dari bagaimana cara kita menjaga lingkungan hidup. Semakin bersih, bisa semakin baik pula kualitas hidup kita. Menjaga lingkungan hidup bertujuan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti munculnya wabah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan kenyamanan masyarakat. Ini adalah bukti bahwa lingkungan bersih bisa membantu untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Gotong royong dalam dalam membersihkan dan menjaga lingkungan secara rutin bisa menjadi alternatif dalam menanggulangi pencemaran lingkungan. Dalam satu RT yang terdiri dari beberapa kepala keluarga, akan bisa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah hari yang ada dan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

(Argumen) Selain itu, hari Minggu bisa dijadikan sebagai jadwal kegiatan kerja bakti rutin seluruh masyarakat desa yang di mulai pada pagi hari. Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dalam kegiatan tersebut, selain kebersihan dan kesehatan hubungan solidaritas antar warga akan semakin kuat