Find Us On Social Media :
Cara Menghitung Skala Peta: Materi Geografi Kelas 10 SMA (pixabay)

Cara Menghitung Skala Peta: Materi Geografi Kelas 10 SMA

Muhammad Aliefuddin Sayyaf - Selasa, 27 September 2022 | 19:20 WIB

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang bagaimana cara menghitung skala peta yang merupakan salah satu materi Geografi kelas 10 SMA.

Menurut F.J Mounkhous dan H.R Wilkinson Peta adalah suatu perakitan terpadu/sintesa dari empat kelompok informasi yaitu titik, garis, wilayah, dan nama yang dikemukakan dalam istilah.

Istilah tersebut adalah liputan, ciri, pola, bentuk, ukuran, ketebalan, simbol, dan lain-lain.

Batasan diatas langsung menunjuk kepada segi teknik penetapan simbol, dan analisis keruangan aspek persebaran data. Dalam jenis, besaran, serta penamaan geografiknya (toponimy).

Baca Juga: 4 Ciri Ciri Sosiologi Lengkap Dengan Penjelasannya: Materi Sosiologi Kelas 10 SMA

Sedangkan menurut ICA (International Cartographic Assosiation), Peta diartikan sebagai suatu representasi atau gambaran unsur-unsur kenampakan abstrak dari permukaan bumi. yang ada kaitannya dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa dan umumnya digambarkan pada bidang datar secara diperkecil atau diskalakan.

Dilansir dari bobo.grid.id, ini merupakan ulasan tentang cara menghitung skala peta:

Cara menghitung skala peta dibandingkan dengan jarak sesungguhnya

Skala peta biasanya tertulis dalam satuan sentimeter atau cm. Setiap 1 cm mewakili jarak 1 km di jarak yang sesungguhnya. Contohnya dituliskan 1:150.000, artinya 1 cm di peta sama dengan 150.000 cm pada jarak yang sesungguhnya.

Baca Juga: 10 Kata-kata Bijak Bahasa Sunda Penuh Makna Beserta Penjelasan Artinya