Find Us On Social Media :
Dia mengatakan sistem keamanan yang Rizki rancang dinamakan Elang Lawu (Elektronik Emergency Lock Automatic Navigation Guard). ()

Bermodal Ponsel Bekas, Siswa SMP di Karanganyar Ciptakan Perangkat Pelacak Motor

Agnes Tasya - Jumat, 7 Oktober 2022 | 22:55 WIB

Karanganyar-Sonora.ID Pelajar SMP di Karanganyar menciptakan inovasi keamanan kendaraan bermotor. Rizki Bima Damar Saputra merupakan siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar.

Dia mengatakan sistem keamanan yang Rizki rancang dinamakan Elang Lawu (Elektronik Emergency Lock Automatic Navigation Guard).

Pelajar tersebut membuat sistem keamanan dan pelacak pada kendaraan bermotor dengan menggunakan telepon selular pintar bekas.

"Awal saya membuat ini berawal melihat banyak kasus kendaraan-kendaraan yang hilang dicuri dan tak bisa bisa dilacak," ujar Rizki, Kamis (6/10/2022).

Dirinya menjelaskan fungsi alat tersebut untuk mematikan mesin kendaraan bermotor secara otomatis saat penggunanya menyalakan dari jarak jauh. Rizki mengatakan munculnya ide tersebut berawal dari kegemarannya mengutak-atik ponsel.

Baca Juga: Jelang Hari Jadi Karanganyar, Juliyatmono Dan Rober Temui Mantan Bupati Rina Iriani

"Saya mengetahui fungsi ponsel pintar dalam memancarkan sinyal lokasi yang dapat diakses via internet, dari kemampuan ponsel pintar itu, saya mengintegrasi perangkat relay pada unit kontrol," jelas Rizki.

Dia menuturkan cara mendeteksi lokasi tak perlu memakai aplikasi rumit, cukup dengan aplikasi layanan google.

Kedua perangkat dapat terkoneksi dengan menggunakan ponsel pintar maupun komputer jinjing karena lebih fleksibel.

"Saya pakai ponsel pintar bekas, yang penting terkoneksi internet dan bersistem operasi, bisa nyambung ke GPS," ungkapnya.