Find Us On Social Media :
Ilustrasi tajwid hukum bacaan nun mati dan tanwin, huruf-huruf dan contohnya. (Pixabay/Pexels)

Tajwid: 4 Hukum Nun Mati dan Tanwin, Huruf-Huruf Beserta Contohnya

Nisa Hayyu Rahmia - Selasa, 25 Oktober 2022 | 09:22 WIB

Sonora.ID - Dalam seni membaca Al-Qur'an, ada sejumlah hukum tajwid. Salah satunya adalah hukum nun mati dan tanwin yang memiliki huruf serta contohnya masing-masing.

Diketahui melalui Gramedia, mempelajari tajwid hukumnya adalah fardu kifayah yang artinya setidaknya ada satu orang di setiap komunitas yang paham tentang ilmu tersebut.

Mayoritas ulama setuju bahwa tidak wajib menerapkan ilmu tajwid, asal tidak membaca dengan cara mengubah makna atau mengubah tata bahasa.

Adapun hukum tajwid nun mati atau sukun dan tanwin ini terbagi menjadi empat jenis, yakni Idzhar, Idgham, Iqlab, dan juga Ikhfa. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: 6 Contoh Bacaan Izhar Halqi dalam Alquran, Hukum Tajwid Nun Mati

1. Idzhar

Idzhar adalah hukum bacaan tajwid yang apabila terdapat hukum nun mati dan tanwin bertemu huruf idzhar, maka membacanya adalah jelas atau terang.

Huruf idzhar ada enam, hamzah (ء), ha (هـ), ha (ح), kha (خ), 'ain (ع), ghain (غ). Huruf tersebut dibaca jelas karena berasal dari kerongkongan atau tenggorokan.

Contoh bacaan idzhar:

 

2. Idgham

Idgham artinya memasukkan. Hukum nun mati dan tanwin satu ini kembali terbagi menjadi dua, yakni idgham bigunnah dan juga idgham bilagunnah.