Find Us On Social Media :
Sekda Kalbar Harisson (tengah) saat mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara daring, di Ruang Analisis Data Kantor Gubernur, Senin (31/10). (Adpim kalbar)

Mendagri Dorong Pemda Sigap Kendalikan Inflasi

Indri Rizkita - Selasa, 1 November 2022 | 12:00 WIB

Pontianak, Sonora.ID - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, di Ruang Analisis Data Kantor Gubernur, Senin (31/10).

Rakor yang diselenggarakan secara daring dan dipimpin Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Muhammad Tito Karnavian, itu diikuti seluruh kepala daerah, Jajaran Forkopimda di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. 

Sesuai arahan yang disampaikan Presiden Indonesia, Joko Widodo, rakor pengendalian inflasi daerah akan rutin diselenggarakan setiap minggu untuk mengevaluasi pengendalian inflasi di seluruh wilayah Indonesia.

Ada beberapa hal yang menjadi perhatian Mendagri RI, diantaranya mengenai kenaikan harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok di beberapa wilayah di Indonesia, penggunaan atau belanja dana bansos yang masih minim di beberapa provinsi. 

Selain itu, penanggulangan inflasi di beberapa daerah masih harus ditingkatkan, serta adanya monitoring penyerapan anggaran seluruh pemerintah daerah. 

Hingga saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terus melakukan beberapa upaya dalam rangka pengendalian inflasi dan mitigasi dampak inflasi, seperti melakukan operasi pasar dan memberikan bantuan berupa paket bahan pangan.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, juga turun langsung ke beberapa kabupaten/kota untuk memberikan bantuan berupa paket bahan pangan kepada masyarakat yang membutuhkan sebagai wujud perhatian pemerintah terhadap dampak dari penyesuaian harga BBM bersubsidi.

Baca Juga: Pemkot Pontianak Gelar Sosialisasi Core Values ASN Berakhlak Pondasi Budaya Kerja Profesional