Find Us On Social Media :
Ilustrasi jenis-jenis teks persuasi dan contohnya. (Freepik)

Jenis-jenis Teks Persuasi dan Contohnya, Lengkap dan Mudah Dipahami

Selando Naendra Radicka - Selasa, 29 November 2022 | 13:00 WIB

Sonora.ID - Lengkap dan mudah dipahami, berikut adalah paparan soal jenis-jenis teks persuasi dan contohnya.

Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal teks persuasi sebagai jenis teks yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap dan pandangan para pembaca terhadap konteks atau bahasan tertentu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan teks persuasi sebagai teks yang fungsi utamanya memengaruhi pendapat, perasaan, dan perbuatan pembaca. 

Adapun dalam penjelasan yang lebih bersifat teoretis, dalam buku 'Keterampilan Dasar Menulis' (2004) yang ditulis oleh Muhammad Yunus dan Suparno, teks persuasi diartikan sebagai karangan untuk memengaruhi sikap dan pendapat pembaca mengenai suatu hal yang disampaikan penulisnya. 

Lantaran punya tujuan sebagaimana di atas, teks persuasi yang baik setidaknya memenuhi tiga unsur penting untuk dapat menarik pembaca atau audiens, yakni etika, emosi, dan logika.

Bila ketiga unsur tersebut terpenuhi dengan baik, sebuah teks persuasi dapat meningkatkan ketergiuran audiens sekaligus membuat mereka setuju atau meyakini pendapat yang dilontarkan penulis terhadap suatu hal.

Sebagai informasi, teks persuasi sendiri memiliki beberapa jenis. Untuk memahami lebih jauh soal hal tersebut, berikut adalah paparan soal jenis-jenis teks persuasi dan contohnya, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Jenis-jenis Teks Persuasi dan Contohnya

Baca Juga: 6 Contoh Teks Editorial Tentang Covid-19 Beserta Strukturnya

Teks Persuasi Politik

Teks persuasi politik adalah teks persuasi yang isinya bertujuan untuk memengaruhi pembaca mengikuti atau memilih pilihan politik tertentu, termasuk partai politik. Jenis teks ini pada umumnya digunakan oleh para politikus.