Find Us On Social Media :
Ilustrasi Macam Gaya Renang dan Tekniknya (Freepik.com)

5 Macam Gaya Renang dan Tekniknya, Lengkap dengan Penjelasannya

Prameswari Sasmita - Senin, 5 Desember 2022 | 17:15 WIB

Sonora.ID - Olahraga adalah kebutuhan masing-masing orang yang tidak bisa digantikan dengan hal lainnya, ketika orang memiliki gaya hidup sehat maka olahraga sudah termasuk di dalamnya dan tidak bisa dilupakan.

Sayangnya, tidak semua orang suka dengan kegiatan yang menyehatkan ini.

Salah satu olahraga yang menjadi pilihan bagi orang yang baru akan memulai olahraga karena dianggap menyenangkan adalah renang.

Dikutip dari Gramedia.com, Orang-orang Romawi dan Yunani jaman dahulu menjadikan kemampuan berenang sebagai penilaian mendasar untuk kepentingan militer. Seorang tentara diharuskan dapat bertahan hidup dalam kondisi apapun, termasuk tenggelam ataupun menyelamatkan diri di air.

Kepopuleran renang semakin tersebar setelah seorang kapten Angkatan Laut Inggris, Matthew Webb, berhasil menyeberangi Teluk Inggris dengan berenang tanpa menggunakan alat bantuan.

Baca Juga: Bentuk Gerakan Kaki pada Renang Gaya Bebas yang Mudah untuk Dipelajari!

Pada praktiknya, ada beberapa gaya renang. Berikut ini adalah 5 macam gaya renang dan tekniknya, lengkap dengan penjelasannya.

1. Gaya Bebas (Front Crawl)

Gaya bebas merupakan gaya yang pertama kali digunakan oleh perenang di jaman prasejarah. Diperkirakan seribu tahun sebelum masehi, di Assyria gaya bebas sudah digunakan.

Cara melakukan gaya bebas: