Find Us On Social Media :
Ilustrasi contoh kalimat efektif dan tidak efektif. (unsplash.com)

15 Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif, Lengkap dengan Penjelasan

Selando Naendra Radicka - Rabu, 7 Desember 2022 | 19:00 WIB

Sonora.ID - Lengkap disertai penjelasannya, berikut adalah paparan mengenai beberapa contoh kalimat efektif dan tidak efektif.

Dalam penggunaan bahasa Indonesia sehari-hari, kalimat menempati peran yang sangat penting dalam komunikasi setiap orang.

Namun, tak hanya sekadar kalimat, kalimat yang digunakan dalam proses kemunikasi verbal maupun tertulis haruslah memenuhi kaidah yang berlaku, yakni Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Dalam istilah lain, kalimat yang memenuhi kaidah PUEBI dapat disebut sebagai kalimat yang efektif. 

Bila ditinjauh secara lebih praktis, sebuah kalimat dikatakan efektif bila mampu menyampaikan perasaan, pendapat, dan gagasan sesuai dengan maksud penulis atau pembicara.

Dengan kata lain, kalimat efektif juga dapat dikatakan sebagai kalimat yang singkat, padat, jelas, dan jauh dari kesan bertele-tele.

Pemahaman soal kalimat efektif semacam ini tentu penting. Sebab, di lingkungan akademis seperti perkuliahan maupun sekolah, setiap mahasiswa dan murid diharuskan untuk dapat menghasilkan karya tulis yang efektif dan mudah dipahami oleh pembaca.

Maka, guna lebih memahami kalimat efektif lebih jauh, berikut ini Sonora sajikan beberapa contoh kalimat efektif dan tidak efektif, sebagaimana dikutip dari Bola.com.

Baca Juga: Contoh Kalimat Simple Past Future Tense Lengkap dengan Artinya

Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif