Find Us On Social Media :
Saat Ketua DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah melakukan peninjauan langsung pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di hari kedua di sejumlah sekolah di Kubu Raya. (Prokopim Kubu Raya)

Ketua DPRD Kubu Raya Tinjau Pelaksanaan UAS, Ini Pesan Agus Sudarmansyah Untuk Orang Tua

Husnul Arif - Rabu, 7 Desember 2022 | 13:05 WIB

Kubu Raya, Sonora.ID  - Ketua DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah melakukan peninjauan langsung pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di hari kedua di sejumlah sekolah di Kubu Raya.

Saat melakukan peninjauan pelaksanaan UAS, Agus Sudarmansyah ini berpesan kepada para peserta didik untuk tekun dan tenang dalam menjawab soal-soal yang diberikan pihak sekolah.

Agus Sudarmansyah mengatakan pelaksanaan penilaian semester akhir ini, para anak didik harus terbawa dengan suasana rileks dan tenang karena untuk mempertahankan maupun meningkatkan nilai bagian harapan dari para orangtua murid.

“Tentunya bahagianya orangtua melihat nilai anak-anaknya dalam keadaan baik sekali,” ucapnya usai melaksanakan monitoring UAS di SDN 38, SMPN 2, SMAN 1 Sui Raya Komplek Asrama Sudirman, pada Selasa 6 Desember 2022.

Dikatakannya lagi, Pendidikan bagian terpenting dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia.

Baca Juga: Bupati Kubu Raya: Program Kemenkeu Mengajar adalah Implementasi Merdeka Belajar

Sedangkan APBD mengalokasi anggaran untuk Pendidikan mencapai 30 persen, dan ini harus disesuaikan walaupun ada kekurangan pembangunan sarana dan prasarana Pendidikan yang mesti dibenahi.

“Baik itu infrastruktur pembangunannya. Namun yang harus ditingkatkan yakni SDM terutama tenaga didik yang berada disetiap satuan sekolah, karena program merdeka belajar saat ini memerlukan inovasi dan kreativitas dari setiap tenaga didik dalam mengevaluasi kemampuan anak didiknya sesuai potensi yang dimiliki,” terangnya.

Sementara Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sui Raya, Aisyah menuturkan sebanyak 1038 murid semester akhir mengikuti UAS. Nilai UAS kata Aisyah berpengaruh terhadap penilaian Perguruan Tinggi disaat para murid ingin melanjutkan jenjang pendidikannya.

“Kita sangat berterimakasih dengan kunjungan Ketua DPRD Kubu Raya, yang telah memberikan perhatiannya terhadap perkembangan pendidikan khususnya di SMAN 1 Sui Raya. Support ini, diharapkan menjadi penyemangat para murid dalam menghadapi UAS, banyak murid disini ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi karena nilai disetiap semester tetap dipakai untuk masuk perguruan tinggi,” bebernya.

Di kesempatan yang berbeda Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sui Raya, Yusti Handayani menambahkan ada 11 mata pelajaran dan dua mata pelajaran tidak tertulis yang diujikan ke para murid disemester akhir ini mata pelajaran tidak tertulis yakni kesenian dan olahraga dan Mulok Keagamaan.

“Jadi untuk Mulok Keagamaan memakai praktek bagi yang muslim tentang hapalan Quran dan non muslim tentang doa-doa dan sebagainya,” jelasnya.