Find Us On Social Media :
Ilustrasi makna Pancasila sebagai pandangan hidup. (Dokumentasi Warga Kampung Leuser via Kompas.com)

Ini Makna Pancasila Sebagai Pandangan Hidup yang Perlu Dihayati

Selando Naendra Radicka - Rabu, 7 Desember 2022 | 16:45 WIB

Sonora.ID - Perlu dihayati oleh setiap warga negara Indonesia, berikut adalah penjelasan mengenai makna Pancasila sebagai pandangan hidup.

Selain sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila juga dikenal sebagai pandangan hidup bangsa yang mendasari setiap tindakan warga negara Indonesia dalam menjalani hari-harinya.

Posisi Pancasila yang penting semacam itu lantas menjadikannya sebagai pedoman dan landasan penyelenggaraan negara Indonesia.

Tanpa keberadaan Pancasila, rakyat Indonesia akan kehilangan arah dalam menentukan sikap hidup, kompas moral, serta pedoman terhadap segala aktivitas, sehingga kehidupan akan menjadi berantakan.

Adapun sebagai pandangan hidup bangsa, kelima sila Pancasila merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan dan tak bisa dipisahkan satu sama lain.

Guna memahami lebih jauh soal posisi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, simak penjelasan berikut ini.

Makna Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Dalam buku berjudul 'Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara' (2020) yang ditulis oleh Eka Periaman Zai, posisi Pancasila sebagai pandangan hidup mengandung arti bahwa Pancasila menjadi prinsip dasar kehidupan masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali.

Baca Juga: Contoh Pengamalan Sila Ke-3 Pancasila di Sekolah yang Mudah Dilakukan

Dalam istilah lain, posisi Pancasila semacam ini juga disebut sebagai way of life, yang mana nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi pedoman hidup, petunjuk hidup, pedoman dunia, dan pegangan hidup bagi seluruh rakyat Indonesia.