Find Us On Social Media :
Jenis Jenis Pasar Beserta dengan Contohnya (Kompas)

Simak! Apa Saja 7 Jenis Jenis Pasar Beserta dengan Contohnya

Muhammad Aliefuddin Sayyaf - Senin, 16 Januari 2023 | 20:05 WIB

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja jenis-jenis pasar beserta dengan contohnya.

Pasar merupakan tempat bertemunya orang-orang yang ingin bertransaksi jual-beli.

Peran pasar sangatlah penting bagi kehidupan sehari-hari, karena pasar menjadi tempat untuk mencari kebutuhan yang tidak dapat dihasilkan sendiri.

Pasar menjadi tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu, seperti pusat perbelanjaan, pasar tradisional, mall, plaza, pusat perdagangan, dan e-commerce.

Baca Juga: HUT Ke – 93 Pedagang Pasar Gedhe Gelar Acara Kembul Agung Pasar Lelangen

Pengertian Pasar

Dilansir dari laman Kemendikbud, pasar adalah suatu tempat yang mempertemukan pembeli dan penjual, akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.

Aktivitas usaha yang dilakukan di pasar hanya melibatkan dua subjek pokok, yaitu produsen dan konsumen. Keduanya memiliki peranan yang sama besarnya terhadap pembentukan harga barang di pasar.

Sedangkan pasar menurut ilmu ekonomi adalah proses interaksi antara permintaan dan penawaran dari suatu barang atau jasa tertentu, sehingga dapat menetapkan harga keseimbangan atau harga pasar dan jumlah yang diperdagangkan.

Lantas apa saja jenis-jenis pasar beserta dengan contohnya tersebut? Dilansir dari kompas.com, simak ulasannya berikut ini: