Find Us On Social Media :
Ilustrasi Sembuh dari Kusta (Freepik.com)

Kunci Sembuh dari Kusta, Dokter: Support Keluarga Penting, karena…

Prameswari Sasmita - Kamis, 2 Februari 2023 | 10:00 WIB

Sonora.ID - Kusta adalah penyakit yang menyerang kulit sehingga orang yang terkena penyakit yang satu ini akan sangat mudah diketahui karena memang menunjukkan gejala atau tanda secara fisik.

Karena terlihat secara fisik, banyak orang yang menganggap penyakit ini sebagai aib sehingga memberikan pandangan yang miring pada para penderita, bahkan kerap kali keluarga juga tidak memberikan dukungan untuk penyembuhan dan mentalnya.

Padahal, dalam program Talkshow di Radio Sonora FM dalam rangka Hari Kusta Internasional, Dokter Dhelya Widasmara selaku Spesialis Kulit dan Kelamin menyatakan bahwa salah satu kunci kesembuhan pasien kusta adalah support dari keluarga.

Support keluarga

Di tengah pandangan masyarakat mengenai kusta yang menyebabkan paparan serangan mental, keluarga diharap bisa menjadi support nomor satu.

“Sebenarnya kalau keluarga, support keluarga adalah yang paling dibutuhkan oleh penderita kusta, karena pengobatannya lama kan,” tegasnya memaparkan.

Perlu diketahui bahwa, penyakit ini memang bisa menular kepada orang dengan kontak fisik yang erat dalam jangka waktu tahunan sekitar 3-12 tahun, tetapi perlu dicatat juga bahwa kusta bisa disembuhkan.

Meski demikian, memang pengobatannya terbilang lama.

Baca Juga: Apa Itu Kusta? Apa Penyebab dan Gejalanya? Dokter: Bisa Menular Kalau…