Find Us On Social Media :
Aksi salah satu Tatung yang ikut dalam Pawai Cap Go Meh 2574 yang sedang menunjukkan atraksinya, di Singkawang, Minggu (5/2/23). ()

Ratusan Tatung Pukau Warga Singkawang di Puncak Perayaan Cap Go Meh 2574

William - Senin, 6 Februari 2023 | 09:05 WIB

Pontianak, Sonora.ID - Puncak Perayaan Cap Go Meh 2574 di Singkawang berlangsung sangat meriah yang digelar pada Minggu, 5 Februari 2023. Terlebih lagi pertunjukkan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat yaitu Pawai Tatung yang mempertontonkan aksinya bisa terlaksana pasca pandemi.

Pawai ratusan Tatung membuat beberapa jalan utama Singkawang lumpuh. Namun itu tidak menyurutkan niat warga untuk menyaksikan pertunjukkan Tatung tersebut.

"Ada mungkin 700-an Tatung yang akan beraksi di Cap Go Meh tahun ini," ucap Atong, satu dari panitia yang turut mengawasi jalannya pertunjukkan Tatung.

Dia mengatakan persiapan Pawai Tatung sudah dilakukan jauh sebelum Imlek. Dan untuk para pemain Tatung bukan hanya dari Singkawang saja melainkan dari beberapa daerah lainnya.

"Ada juga dari luar Singkawang, dari Pajintan, Teluk Suak, kulor, pokoknya banyak lah," tambah Atong.

Para Tatung sudah mempersiapkan atraksinya dari subuh dimana mereka bersama official melakukan pawai keliling hingga ke panggung utama festival Cap Go Meh 2574 yang dipusatkan di kawasan Jalan Diponegoro, Singkawang.

Ferianto warga Pontianak yang jauh-jauh membawa keluarganya untuk menonton atraksi Tatung dan Naga juga sangat terhibur dengan acara ini.

Baca Juga: Berkah Cap Go Meh! 6 Shio yang Diterpa Untung Terdahsyat Selama Tahun 2023

"Luar biasa ya tahun ini, apalagi setelah covid jadi lebih rama lagi, antusias masyarajat jadi tinggi," paparnya.

Dirinya melihat Festival Cap Go Meh semakin berkembang dari tahun ke tahun. Ia juga mengaku selain menikmati pertunjukkan Cap Go Meh, sekaligus menyempatkan diri berkunjung ke rumah
saudaranya.