Find Us On Social Media :
12 Contoh Teks Nonfiksi Singkat dan Terlengkap, Mudah Dipelajari (Freepik.com)

12 Contoh Teks Nonfiksi Singkat dan Terlengkap, Mudah Dipelajari

Dita Tamara - Kamis, 16 Februari 2023 | 19:10 WIB

Sonora.ID – Pada artikel kali ini akan membahas mengenai contoh teks nonfiksi. Namun sebelum itu perlu diketahui ap aitu contoh teks nonfiksi.

Menurut KBBI, teks nonfiksi merupakan tulisan berdasarkan fakta dan kenyataan.

Teks nonfiksi disajikan secara informatif, edukatif, dan faktual sehingga memuat informasi, peristiwa, tempat, karakter, dan objek yang nyata.

Untuk lebih jelasnya, dilansir dari beberapa sumber, berikut ini contoh teks nonfiksi yang bisa dijadikan referensi:

1. Tragedi Trisakti

Tragedi Trisakti adalah peristiwa penembakan pada tanggal 12 Mei 1998 terhadap mahasiswa pada saat demonstrasi menuntut Soeharto turun dari jabatannya. Kejadian ini menewaskan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta, Indonesia serta puluhan lainnya luka.

Mereka yang meninggal adalah Elang Mulia Lesmana (1978-1998), Heri Hertanto (1977-1998), Hafidin Royan (1976-1998), dan Hendriawan Sie (1975-1998).

Mereka tewas tertembak di dalam kampus, terkena peluru tajam di tempat-tempat vital seperti kepala, tenggorokan, dan dada. Peristiwa penembakan empat mahasiswa Universitas Trisakti ini juga digambarkan dengan detail dan akurat oleh seorang penulis sastra dan jurnalis, Anggie D. Widowati dalam karyanya berjudul Langit Merah Jakarta.

Baca Juga: 7 Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Lingkungan, Lucu Tapi Menohok

2. Peristiwa Teluk Minamata