Find Us On Social Media :
Ilustrasi contoh pidato tentang pergaulan bebas (Pixabay)

7 Contoh Pidato Tentang Pergaulan Bebas, Singkat Tapi Maknanya Tersampaikan

Muhamad Alpian - Rabu, 15 Maret 2023 | 11:10 WIB

Sonora.ID - Berikut ini kumpulan contoh pidato tentang pergaulan bebas, singkat tapi maknanya tersampaikan.

Pidato merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memberikan dan membagikan informasi yang dirasa penting untuk diketahui oleh khalayak ramai.

Untuk menulis pidato tidaklah sembarangan, perlu adanya pemahaman dan persiapan yang cukup.

Jika persiapan kita kurang, tidak memadai maka bukan hal yang tak mungkin kalau pidato yang ditulis tidak memadai.

Ada banyak sekali tema pidato yang disampaikan oleh seseorang.

Mulai tentang hari spesial kenegaraan, hari peringatan, atau lainnya.

Kali ini kita akan membahas kumpulan contoh pidato tentang pergaulan bebas yang bisa kamu jadikan referensi.

Yuk langsung saja kita simak informasinya di bawah ini dengan seksama sebagaimana yang dikutip dari berbagai sumber:

Baca Juga: 7 Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Pidato 1

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak/ibu Kepala Sekolah, dan rekan-rekan guru sekalian, serta para siswa siswi yang saya banggakan.

Pertama dan yang utama marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Tuhan, karena rahmat dan inayahnya kita bisa berdiri disini untuk bersama-sama mendengarkan pidato tentang pergaulan bebas.

Dan tidak lupa juga marilah kita sanjungan shalawat serta salam kepada junjungan kita semua yakni Nabi Muhamad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang semoga kita termasuk di dalamnya. Berdirinya saya di sini untuk menyampaikan pidato tentang pergaulan bebas.

Seperti yang kita ketahui sekarang ini, bahwa pergaulan bebas semakin banyak dilakukan terutama oleh para pelajar seperti kalian ini. Tapi apakah kalian tahu bahaya di balik pergaulan bebas? Para remaja yang melakukan pergaulan bebas hanya tahu senang-senangnya saja, tanpa tahu bahaya dan resiko dibaliknya.

Itulah tujuan saya menyampaikan pidato ini, untuk mengingatkan betapa bahayanya pergaulan bebas itu. Ada banyak sekali bahaya yang disebabkan dari melakukan pergaulan bebas. Seperti kehamilan di luar nikah, penyakit menular, dan masih banyak lagi. Bahaya ini bisa memberikan dampak baik secara langsung maupun tidak.

Dampak yang paling jelas dari pergaulan bebas adalah hancurnya masa depan orang tersebut. Jika ada pelajar yang hamil di luar nikah dan harus bertanggung jawab, setelah itu mereka sudah pasti akan dikeluarkan dari sekolah. Lalu bagaimana ingin punya masa depan yang cemerlang jika sekolah saja tidak ditamatkan?

Untuk itu ada baiknya untuk berpikir lebih jauh lagi sebelum melakukan sebuah tindakan. Kepada anak-anak yang saya cintai ada banyak cara untuk menghindari pergaulan bebas ini, dengan memilih-milih teman dan pergaulan. Umur para remaja tentunya sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Saya harap anak-anak semua mau mengikuti nasihat saya untuk menjauhi pergaulan bebas. Buatlah prestasi sebanyak-banyaknya dan hindari pergaulan yang tidak baik. Dengan begitu masa depan akan cemerlang dan tentunya keluarga akan bangga.

Demikian begitu saja pidato yang bisa saya berikan, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Saya ucapkan banyak terima kasih untuk perhatiannya.