Find Us On Social Media :
Ilustrasi amalan Malam Nuzulul Quran (freepik.com)

5 Amalan Malam Nuzulul Quran di Bulan Ramadhan bagi Umat Muslim

Gema Buana Dwi Saputra - Jumat, 7 April 2023 | 13:20 WIB

Sonora.ID - Berikut ini adalah amalan Malam Nuzulul Quran di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan oleh umat muslim.

Nuzulul Quran adalah malam ketika Al-Quran diturunkan oleh Allah S.W.T secara berangsur-angsur dan sekaligus melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad S.A.W.

Hal ini tertuang dalam HR. Ibnu Abbas RA: "Al-Qur'an diturunkan sekaligus ke langit dunia pada malam Qadar, kemudian diturunkan sesudah itu sepanjang 20-an tahun,".

Berdasarkan laman NU, Malam Nuzulul Quran diperingati di tanggal ke-17 selama Ramadhan berlangsung dan bisa dijadikan sebagai momen untuk melakukan amalan tertentu.

Umat muslim wajib mengetahui 5 amalan Malam Nuzulul Quran berikut ini untuk bisa mendapatkan berkat dari Allah S.W.T.

1. Itikaf dalam Masjid

Baca Juga: Tata Cara Sholat Taubat, Lengkap dengan Niat dan Doa

Amalan baik yang bisa kamu lakukan untuk menyambut Malam Nuzulul Quran dengan melakukan ibadah-ibadah, baik wajib dan sunnah.

Terdapat hadist yang membuktikan betapa bermanfaatnya melakukan itikaf selama bulan Ramadhan berlangsung, yaitu:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَعْتَكِفُ اْلعَشَرَ اْلأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ. [رواه مسلم]

Arti: "Bahwa Nabi saw melakukan i'tikaf pada hari kesepuluh terakhir dari bulan Ramadhan, (beliau melakukannya) sejak datang di Madinah sampai beliau wafat, kemudian istri-istri beliau melakukan i'tikaf setelah beliau wafat," (HR. Muslim).