Find Us On Social Media :
Etika mengirim email secara umum. (Pexels)

10 Etika Mengirim Email Secara Umum yang Baik, Tepat, dan Sopan

Arista Estiningtyas - Senin, 10 April 2023 | 18:00 WIB

Sonora.ID - Email (electronic mail) atau surat elektronik merupakan media untuk mengirim surat melalui jalur jaringan komputer, misalnya, internet.

Keberadaan email ini sudah dinikmati oleh khalayak umum sejak tahun 1980-an seiring dengan berkembangnya internet dan teknologi telekomunikasi.

Email kini kerap kali digunakan sebagai media komunikasi dengan rekan bisnis, rekan kerja, dosen, mahasiswa, pimpinan dan lain sebagainya. 

Meskipun komunikasi ini tidak berjalan seperti saat kita tengah berbicara langsung kepada mereka, namun dalam mengirim email tetap perlu memperhatikan penggunaan bahasa dan faktor lainnya supaya penerima tidak merasa terganggu.

Apa saja etika dalam mengirim email atau surel yang wajib untuk diketahui? Berikut ini paparan lengkapnya.

Baca Juga: Begini Cara Ganti Password Gmail yang Mudah dan Cepat

Etika Mengirim Email

Pertama, perhatikan waktu pengiriman email. Ada baiknya untuk tidak mengirim email di jam-jam istirahat.

Namun, jika email tersebut berkaitan dengan masalah yang urgent, Anda dapat meminta maaf terlebih dahulu karena terpaksa harus mengganggu jam istirahat si penerima.

Selanjutnya, jika email tersebut untuk keperluan bisnis atau keperluan yang bersifat formal lainnya, sebaiknya untuk menggunakan alamat email yang profesional.