Find Us On Social Media :
Sosialisasi TOS Nusantara untuk Layanan Petikemas Pelindo Pontianak. (Pelindo Pontianak)

Pelindo Pontianak Tingkatkan Pelayanan Petikemas

William - Jumat, 25 Agustus 2023 | 11:15 WIB

Pontianak, Sonora.ID - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak bersama PT IPC Petikemas, dalam usaha untuk meningkatkan pelayanan petikemas, mengadakan sosialisasi TOS (Terminal Operating System) Nusantara pada tanggal 22 Agustus 2023 di Golden Tulip Pontianak.

Acara teraebut dihadiri oleh KSOP Kelas II Pontianak, DPC INSA Pontianak, beserta 10 Shipping Lines yang bergerak dibidang petikemas.

Pada sambutannya, General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak, Bapak Hambar Wiyadi menyampaikan bahwa TOS Nusantara ini adalah produk dalam negeri yang merupakan pengembangan sistem eksisting yang ada untuk layanan petikemas di Pelabuhan Pontianak. Sistem ini dikembangkan secara terus menerus untuk meningkatkan layanan kepada customer, memberikan kemudahan, kecepatam, dan transparansi sehingga ditambahkan beberapa fitur baru yang memudahkan customer untuk melakukan aktifitas layanan petikemas dan kemudahan monitoring, tracing, tracking, dll. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi agar customer bisa dapat langsung menggunakan fitur-fitur baru tersebut sehingga langsung merasakan kemudahan-kemudahan yang didapatkan.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh Kepala KSOP Kelas II Pontianak, Bapak Mozes Imanuel Karaeng, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sebagai perwakilan pemerintah untuk kegiatan pelabuhan, kami sangat mendukung adanya sosialisasi TOS Nusantara ini, yang selalu kami dorong adalah bagaimana pelabuhan dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi customer agar nyaman, cepat, murah, dan lancar. Sesuai arahan Menko Marvest, bangsa ini akan terus berbenah menjadi lebih baik dengan cara membangun sistem yang lebih baik dan terus meningkatan pelayanan yang lebih baik lagi. Seperti yang kita ketahui bersama, sistem TOS Nusantara ini merupakan karya anak bangsa yang perlu kita banggakan, ternyata kita mampu membangun sistem tanpa harus membeli sistem dari luar.

Baca Juga: Pelabuhan Harus Terapkan Digitalisasi untuk Cegah Tindak Korupsi

Dalam sosialisasi ini dipaparkan, TOS Nusantara ini sebelumnya terdiri dari e-registration, e-booking, e-tracking, e-payment, e-billing, dan e-care. Dan dalam penyempurnaan aplikasi TOS Nusantara ada beberapa fitur tambahan baru yaitu fitur simplifikasi proses input coparn dan coreor, dimana hal ini dapat meningkatan akurasi data dan meminimalisir pemalsuan/expired DO secara automatis. Sedangkan untuk Shipping Lines, dengan adanya fitur ini akan mendapatkan kemudahan dalam monitoring pembayaran maupun pergerakan container. Fitur tambahan kedua yaitu e-confirmation, dimana proses konfirmasi RBM (Rencana Nongkar Muat) dan SEE (Stacking Extention Export) akan terekam secara sistem online real time sehingga Shipping Lines akan mendapatkan kemudahaan dalam mendapatkan dokumen pendukung secara digital yang meliputi discharge list, loading list, RBM, dan Pranota.

Selain fitur-fitur tersebut diatas, juga terdapat kemudahan lainnya yaitu kemudahan pengajuan restitusi, kemudahan koreksi nota secara online, dan transparansi dalam tracking prosesnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News