Find Us On Social Media :
Ilustrasi Contoh Soal PPPK Guru SD 2023 (kompas.com)

30 Contoh Soal PPPK Guru SD 2023, Lengkap dengan Kunci Jawabannya

Debbyani Nurinda - Selasa, 3 Oktober 2023 | 12:32 WIB

Sonora.ID – Berikut contoh soal PPPK Guru SD 2023, lengkap dengan kunci jawabannya yang bisa dijadikan latihan sebelum menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Memperbanyak latihan contoh soal PPPK Guru SD 2023 dapat membantu peserta dalam mempersiapkan diri agar bisa bersaing dengan peserta lainnya.

Namun perlu diingat bahwa ini hanya contoh soal latihan, sehingga sangat mungkin berbeda dengan soal PPPK Guru SD 2023 sesungguhnya yang akan datang.

Tak perlu berlama-lama, berikut contoh soal PPPK Guru SD 2023, lengkap dengan kunci jawabannya.

Baca Juga: 40 Contoh Soal PTS Seni Budaya Kelas 9 Semester 1, Beserta Jawabannya

1. Fokus asessment yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah ....

a. Kemampuan berkomunikasi
b. Kemampuan memecahkan masalah
c. Pengembangan sikap
d. Penekanan pada generalisasi
e. Semua jawaban salah

Jawaban : D

2. Indikator yang digunakan untuk menilai produk yang dihasilkan oleh siswa diantaranya adalah ....

a. kerapihan, kesesuaian ukuran, kemenarikan bentuk
b. pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam membuat produk
c. kesesuaian produk dengan kontribusi guru
d. kesesuaian kemampuan siswa dengan produk yang dihasilkan
e. Semua jawaban benar

Jawaban : B

3. Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah ....

a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang
e. ada 3 jawaban benar

Jawaban : A

4. Portofolio sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, terutama sekali ....

a. Selama pembelajaran berlangsung
b. Ketika akan dimulai pembelajaran
c. pada saat penskoran
d. Jawaban benar semua
e. Jawaban salah semua

Jawaban : D

5. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ....

a. mengumpulkan hasil karya siswa
b. meningkatkan rasa saling percaya
c. mengetahui peningkatan kemampuan siswa
d. menilai hasil belajar siswa
e. semua jawaban benar

Jawaban : C

6. Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler.

Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah...

a. Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi
b. Layanan pribadi, sosial, karier dan intelegensi
c. Layanan pribadi, sosial, karier dan belajar
d. Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar
e. Layanan sosial, karier, intelegensi dan belajar

Jawaban : C

7. Manakah di antara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model konstruktivis dalam mengajar...

a. Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar
b. Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi
c. Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri
d. Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu
e. Menjelaskan suatu konsep secara detail

Jawaban: D

8. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari...

a. Kompetensi kepribadian
b. Kompetensi profesinal
c. Kompetensi pedagogik
d. Kompetensi sosial
e. Kompetensi akademik

Jawaban: C

9. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah...

a. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional
b. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris
c. Melakukan kegiatan pre test
d. Melakukan post test
e. Melakukan ulangan harian dadakan atau spontanitas

Jawaban : C

10. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah....

a. Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
b. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
c. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
d. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa
e. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan

Jawaban : E

11. Pada sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi yaitu “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”, jika seorang pendidik akan menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah....

a. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output
b. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar...
c. Siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar
d. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan
e. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.

Jawaban : B