Find Us On Social Media :
(Pelindo Regional 2 Pontianak)

Kesiapan Antisipasi Menghadapi Arus Mudik Nataru 2023-2024

William - Sabtu, 23 Desember 2023 | 11:30 WIB

Pontianak, Sonora.ID - Dalam rangka persiapan menghadapi arus mudik libur Natal dan Tahun baru (Nataru).

General Manager Pelindo Regional 2 Pontianak Hambar Wiyadi bersama Kepala KSOP Kelas 1 Pontianak Capt. Weku Frederik Karuntu, MM mengadakan tinjauan lapangan langsung ke Terminal Penumpang Pelabuhan Dwikora Pontianak guna melakukan pengecekan kesiapan fasilitas yang tersedia di dalam pelabuhan, Jumat (22/12/2023).

Pada kesempatan ini hadir juga Direktur Prasarana Perkeretaapian Dr. Djarot Tri Wardhono, ST. MT yang hadir khusus dalam meninjau kesiapan Nataru di Kalimantan Barat.

“Per November 2023, untuk arus kunjungan Kapal RoRo yang melakukan penyandaran di Pelabuhan Dwikora Pontianak berasal dari 3 wilayah yaitu Tanjung Priok Jakarta (10.9%), Marunda (78.8%) dan Semarang (10.3), dengan total muatan sebanyak 126.945 unit dimana muatan di dominasi oleh motor (65%), mobil (17%), dan sisanya adalah truk sedang dan tronton yang mengangkut kebutuhan pokok”, ujar Hambar.

Capt Weku menambahkan, “Adanya sinergi bersama dengan stakeholder, dimana kita melakukan tinjauan langsung baik ke terminal penumpang maupun dermaga, serta adanya apel siaga maupun posko bersama 24/7, diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman buat calon penumpang serta dapat mengantisipasi risiko saat adanya lonjakan penumpang, dimana faktor keamanan dan keselamatan adalah yang utama”.

Untuk tahun ini, arus penumpang mudik Nataru diperkirakan akan ada kenaikan 3-5% dari tahun sebelumnya, hal ini didukung karena faktor perekonomian sudah mulai membaik, pasca covid, dan juga mungkin karena adanya long weekend liburan anak sekolah dan cuti bersama, tambahnya.

“Saat ini fasilitas di Terminal Penumpang Pelabuhan Dwikora Pontianak sangat komplit, tersedianya ruang tunggu yang cukup luas, nyaman dan dingin, ruang laktasi/menyusui, ruang kesehatan dan fasilitas umum lainnya”, ujar Hambar.

Kami juga telah menindaklanjuti beberapa saran/masukkan penumpang kapal RoRo saat Survey Kepuasan Pelanggan oleh lembaga independent, seperti penambahan beberapa toilet yang bersih, ruang bermain anak, informasi kedatangan kapal, informasi tiket, dan fasilitas terminal colokan listrik
untuk charging HP.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Wali Kota Pontianak Hadiri Soft Launching Mal Pelayanan Publik