Find Us On Social Media :
Ilustrasi Contoh Soal dan Kunci Jawaban IKM Pintar Kemenag ()

20 Contoh Soal dan Kunci Jawaban IKM Pintar Kemenag, Lengkap!

Debbyani Nurinda - Selasa, 30 Januari 2024 | 17:48 WIB

Sonora.ID – Berikut kumpulan contoh soal dan kunci jawaban IKM Pintar Kemenag, yang bisa dijadikan materi pembelajaran.

IKM atau Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan pelatihan yang dilakukan oleh Pusdiklat Teknis Kementerian Agama melalui akun Pintar.

Berdasarkan laman resmi pintar.kemebag.go.id, Pintar adalah akronim dai Pusat Informasi Pelatihan dan Pembelajaran.
 
Pintar merupakan pelatihan online mandiri bersertfikat yang diselenggarakan oleh Kementeian Agama di Indonesia.
 
Dengan mengerjakan contoh soal IKM Pintar Kemenag, diharapkan para guru akan lebih mudah dalam memahami model pertanyaan yang diajukan ketika tes.

Namun perlu diingat, ini hanyalah contoh soal IKM Pintar Kemenag, sehingga sangat mungkin berbeda dengan soal yang asli.

Berikut 20 contoh soal dan kunci jawaban IKM Pintar Kemenag, yang bisa dijadikan materi pembelajaran.

Baca Juga: Syarat, Jadwal dan Cara Daftar KIP Kuliah 2024 Kemenag dan Kemendikbudristek

1. Keterampilan berpikir tingkat tinggi menggarisbawahi berbagai proses tingkat tinggi menurut jenjang......

A Taksonomi Bloom
B Taksonomi Marzano
C Aspek pemahaman Tighe dan Wiggins
D Taksonomi Wiggins

Jawaban: A

2. Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah...

A Proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar
B Proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar
C Proses berpikir dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar
D Proses berpikir dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar

Jawaban: B

3. Tujuan pembelajaran pada ranah kognitif menurut Bloom merupakan......

A Segala aktivitas pembelajaran menjadi 4 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
B Segala aktivitas pembelajaran menjadi 5 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
C Segala aktivitas pembelajaran menjadi 6 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
D Segala aktivitas pembelajaran menjadi 7 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi

Jawaban: C

4. Ranah kognitif meliputi kemampuan...

A Mengembangkan konsep/prinsip dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.
B Mengulang atau menyatakan kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.
C Menciptakan konsep/prinsip yang telah Jipetojori dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.
D Menguasai konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran.

Jawaban: B