Bagaimana Membangun Hubungan Bisnis dalam Perusahaan Melalui Sinergi?

1 Oktober 2019 16:49 WIB
ilustrasi bisnis
ilustrasi bisnis ( freepik)

Sonora.ID - Sinergi adalah suatu bentuk dari sebuah proses atau interaksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimum. Ada beberapa syarat utama penciptaan sinergi yakni kepercayaan, komunikasi yang efektif, feedback yang cepat, dan kreativitas.

Melalui Sinergi, kerja sama dari paradigma (pola pikir) yang berbeda akan mewujudkan hasil lebih besar dan efektif sehubungan proses yang dijalani menunjukkan tujuan yang sama dan kesepakatan demi hasil positif.

Baca Juga: Ingin Menjadi Pemimpin yang Baik? Perhatikan Arah Komunikasi Anda

Bersinergi berarti saling menghargai perbedaan ide, Pendapat dan bersedia saling berbagi. Bersinergi tidak mementingkan diri sendiri, namun berpikir menang-menang dan tidak ada pihak yang dirugikan atau merasa dirugikan. Bersinergi bertujuan memadukan bagian-bagian terpisah.

Executive Training Manager & Character Coach of Power Character, Fernando Conan mengatakan, Jika berbicara soal sinergi, manusia tidak bisa jauh-jauh lepas dari kata kerja sama. Bagaimana caranya mengelola kekuatan dan titik kritis.

“Sinergi bicara tentang ketika kita bertemu dengan manusia-manusia lain yag mungkin memiliki sudut pandang berbeda, kekuatan berbeda, dan titik kritis berbeda.Nah bagaimana caranya untuk menyatukan dan bekerja sama untuk memperoleh satu tujuan yang disepakati untuk dicapai,” ujar dia kepada Radio Sonora di Jakarta, Senin (30/9/2019).

Baca Juga: Stress Karena Pekerjaan dan Bisnis Stagnan? Berikut Solusinya

Ia melajutkan seberapapun kelebihan yang dimiliki seseorang, tidak akan cukup banyak untuk menutupi kekurangannya.

“Ada seseorang yang pintar, tapi sombong dan kasar sekali. Kelebihan yang sangat hebat dan pintar itu, sebenarnya tidak menutupi kekasaran dan kesombongannya itu. Jadi setiap orang itu sadar kita punyakelebihan, tapi kita juga harus sadar apa kekurangan kita,” tambahnya.

Ia melanjutkan, dalam sebuah sinergi terdapat sebuah kepentingan. Setiap individu pasti mempunyai kepentingan, namun jika berbicara perusahaan, harus mengutamakan kepentingan perusahaan.

Baca Juga: Pahami Dulu 5 Risiko Ini Sebelum Menggunakan Fitur Pay Later

“Ada satu pola pikir yang harus dikembangkan untuk membangun sebuah sinergi, yang disebut pola pikir menang-menang (win-win solution). Karena jika orang kekeuh ke kepentingannya sendiri, orang tersebut akan cenderung berpola pikir win-lose, I win you lose,” ungkap dia.

"Salah satu prinsip sinergi adalah membangun kepercayaan dalam organisasi. Kondisi saling memercayai harus dibangun walaupun memerlukan waktu. Ini penting karena kepercayaan (trust) yang bijak dan cerdas adalah hal yang dapat mengubah sesuatu atau mewujudkan dinamika menuju perubahan yang diharapkan," tutupnya. (*)

Baca Juga: Ingin Bisnis Makin Berkembang? Jangan Sepelekan Etika Bisnis Ini

PenulisKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm