Resep dan Cara Membuat Kacang Tojin atau Kacang Bawang Khas Lebaran

23 Mei 2020 15:00 WIB
resep dan cara membuat kacang tojin atau kacang bawang
resep dan cara membuat kacang tojin atau kacang bawang ( )

Sonora.ID - Kacang tojin adalah salah satu varian makanan atau cemilan kacang goreng, konon berasal dari daerah Bukittinggi, Sumatera Barat.

Bedanya dengan kacang goreng lainnya adalah dengan adanya tambahan irisan daun seledri yang memberikan rasa lebih gurih dan aroma yang lebih harum.

Sekarang sangat mudah menemui kacang tojin di supermarket ataupun pasar di seluruh Indonesia, terutama saat hampir lebaran atau hari raya lainnya.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kue Kering Kastengel Renyah dan Gurih

Namun, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Kali ini Sonora.ID akan memberikan resep dan cara membuat kacang tojin atau kacang bawang.

Bahan-bahan

  • 500 gram kacang kupas kualitas baik
  • 2 batang seledri (cuci, tiriskan dan keringkan)
  • Secukupnya bawang merah goreng

Bumbu halus :

  • 8 siung bawang putih
  • Secukupnya garam dan kaldu bubuk

 Baca Juga: Tak Butuh Oven, Ini Resep dan Cara Membuat Pizza Teflon Anti Gagal!

Langkah-langkah:

  1. Bilas kacang dengan air mengalir, tiriskan. Panas kan air hingga mendidih lalu siram ke kacang tadi. Diamkan 15 menit lalu tiriskan kembali. Saring sampai benar benar tidak ada air mengendap.
  2. Masukkan bumbu halus ke dalam wadah kacang. Aduk sampai tercampur rata, tutup wadahnya. lalu diamkan minimal 30 menit
  3. Goreng kacang sampai kekuningan dengan minyak agak banyak dan api sedang. Tiriskan dan sebar di loyang yang sudah dialas kertas untuk menyerap minyak nya.
  4. Setelah kacang selesai digoreng semua, matikan api kompor. Saring minyak nya supaya tidak kotor lalu panaskan wajan kembali dan masukkan minyak tadi. Setelah panas, masukkan 2 batang seledri (boleh ditambah bila suka). Goreng sampai layu/tekstur garing tapi jangan sampai gosong.
  5. Angkat, tiriskan sebentar lalu remas remas daun seledri tadi sampai hancur, taburkan di atas kacang. Aduk rata. Tunggu dingin baru masukkan toples.
  6. Kalau mau pakai bawang merah goreng, tunggu kacang dingin dulu baru dicampur dengan bawang goreng nya dan kaldu bubuk bisa di skip karena aroma dari bawang merah goreng sudah gurih.

Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat 'Tahu Susu Kekinian' yang Lembut dan Enak!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.