Kulit Wajah Jerawatan? Inilah Makanan yang Sebabkan Munculnya Jerawat

27 Juni 2020 10:25 WIB
Makanan yang bisa memicu jerawat.
Makanan yang bisa memicu jerawat. ( Freepik.com)

 

Sonora.ID - Para peneliti mengatakan makanan tinggi lemak, gula, dan bahan-bahan susu dapat meningkatkan risiko jerawat dewasa. Makanan seperti coklat susu, kentang goreng, dan minuman manis adalah beberapa di antaranya yang dapat meningkatkan risiko jerawat.

Melansir Healthline, Para ahli mengatakan orang dewasa yang mengalami jerawat harus membuat perubahan dalam diet mereka, seperti makan lebih banyak buah dan sayuran.

Sebuah studi oleh peneliti Perancis menemukan bahwa makanan seperti coklat susu atau minuman manis dapat memicu jerawat pada orang dewasa.

"Hasil penelitian kami tampaknya mendukung hipotesis bahwa diet Barat (kaya akan produk hewani dan makanan berlemak dan bergula) dikaitkan dengan keberadaan jerawat di masa dewasa," catat para penulis.

Lebih dari 24.000 orang dewasa di Perancis ambil bagian dalam penelitian ini. Mereka diminta untuk membuat catatan diet 24 jam selama periode 2 minggu.

Para peserta diminta untuk mencatat semua yang mereka makan dan minum serta jumlah yang dikonsumsi.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Menyingkirkan Bacne, Jerawat yang Muncul di Punggung

Para peneliti menyimpulkan bahwa makanan berlemak, berbasis susu, dan bergula dapat memicu wabah jerawat.

Minum lima gelas sehari baik susu atau minuman manis meningkatkan risiko jerawat lebih dari 50 persen.

Satu porsi makanan berlemak seperti kentang goreng atau makanan manis seperti donat meningkatkan risiko jerawat hingga 54 persen, para peneliti melaporkan.

Joseph Zahn , asisten profesor dermatologi di George Washington University di Washington, DC, mengatakan hasil penelitian itu tidak mengejutkan.

"Fakta bahwa makanan berlemak, makanan bergula (makanan yang glikemik tinggi), serta makanan susu (terutama susu rendah lemak) menyebabkan jerawat sama sekali tidak mengejutkan saya," kata Zahn kepada Healthline.

"Ada sejumlah penelitian di masa lalu yang menyarankan hubungan khusus ini, dan banyak pasien saya secara pribadi mencatat jerawat yang menyengat ketika makan makanan seperti itu," katanya.

“Meskipun alasan pastinya tidak jelas pada saat ini, aliran pemikiran saat ini mengenai mengapa makanan khusus ini dapat menyebabkan jerawat mengembang adalah bahwa mereka mungkin memainkan peran dalam mengatur hormon tertentu, seperti insulin atau androgen, yang sudah kita ketahui menyebabkan jerawat menyala, "jelas Zahn.

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm