Begini Cara Lakukan 'Butterfly Hug' yang Ada Dalam Drakor 'It’s Okay To Not Be Okay'

11 Juli 2020 07:10 WIB
Drama It’s Okay to Not Be Okay
Drama It’s Okay to Not Be Okay ( Soompi)

Sonora.ID - 'It’s Okay to Not Be Okay' merupakan drama Korea yang dibintangi Kim Soo-hyun dan Seo Ye-ji ini tak hanya menyuguhkan kisah cerita yang romantis namun juga mengedukasi mengenai kesehatan mental, termasuk menjaga kestabilan emosi.

Pada salah satu adegan penting di episode kedua, Go Moon-young (diperankan oleh Seo Ye Ji) merasa sangat marah dan ingin melukai orang lain.

Namun, rasa amarah itu bisa ditenangkan oleh Moon Kang-tae (diperankan oleh Kim Soo-hyun) yang menyuruhnya untuk memeluk dirinya sendiri.

Mengutip pada jurnal berjudul 'The EMDR Therapy Butterfly Hug Method for Self-Administer Bilateral Stimulation' karya Lucina Artigas dan Ignacio Nacho Jarero, metode ini bisa dilakukan dengan mengosongkan pikiran sambil menyilangkan tangan di depan dada.

Karena dianggap berhasil, metode ini pun dikembangkan ahli terapi sebagai penghilang gangguan kecemasan, terutama bagi mereka yang telah mengalami kejadian traumatis.

Baca Juga: Lirik Lagu Gonna Tell a Lie - Elaine, OST I'ts Okay to Not Be Okay

Cara Lakukan Butterfly Hug dengan baik dan benar.

1. Silangkan kedua tangan di depan dada.

2. Kemudian tepuk bagian pundak seperti gaya kepakan kupu-kupu. Gerakan ini dilakukan selaras dengan tarikan dan hembusan napas secara perlahan.

3. Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang kali sampai rasa gelisah hilang dan pikiran kembali tenang.

Setiap orang, dari anak-anak sampai dewasa, dikatakan boleh mempraktikkan teknik ini saat mengalami tekanan dan luapan emosi berlebih.

Namun, bagi yang mengalami serangan panik dan gangguan mental secara berkala, tetap disarankan mencari bantuan profesional. 

Baca Juga: Jadi OST It's Okay to Not be Okay, Ini Lirik Lagu Breath - Sam Kim Lengkap Artinya

PenulisIyeng Veda
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.