Libur Tahun Baru Islam, Okupansi Penumpang Kereta Api Naik Hampir 50 Persen

24 Agustus 2020 19:31 WIB
Arus keberangkatan penumpang di wilayah PT KAI Daop 2 Bandung mengalami peningkatan sekitar 49,5 persen
Arus keberangkatan penumpang di wilayah PT KAI Daop 2 Bandung mengalami peningkatan sekitar 49,5 persen ( )

Bandung, Sonora.ID - Sejak musim liburan Tahun Baru Islam, arus keberangkatan penumpang di wilayah PT KAI Daop 2 Bandung mengalami peningkatan sekitar 49,5 persen jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Data dari tanggal 17 sampai 23 Agustus 2020, tercatat sebanyak 12.588 penumpang KA Jarak Jauh atau naik 49,5 persen dibandingkan sepekan sebelumnya sebanyak 8.414 penumpang (data tanggal 10-16 Agustus).

Adapun jumlah penumpang KA Jarak Jauh tertinggi terjadi pada tanggal 20 Agustus 2020 sebanyak 2.818 penumpang dengan tujuan favorit ke arah timur seperti Yogyakarta, Solo, Blitar, sampai dengan Surabaya Gubeng.

Baca Juga: PT Kai Daop 4 Semarang Operasikan 46 Kereta Api Selama Agustus 2020

“Dengan bertambahnya perjalanan KA Jarak Jauh serta meningkatnya mobilitas penumpang menggunakan kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru, maka volume penumpang KA Jarak Jauh mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan bulan Juli 2020. Data dari tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 24 Agustus pukul 08.10 WIB, terdapat 33.218 penumpang atau naik 154% dibandingkan dengan volume penumpang KA Jarak Jauh selama bulan Juli sebanyak 13.060 penumpang,” ucap Manager Humas KAI Daop 2 Bandung Noxy Citrea, Senin (24/8/2020).

Sampai akhir bulan Agustus 2020, Daop 2 menjalankan 21 KA Jarak Jauh (daftar perjalanan terlampir) ke berbagai tujuan seperti Gambir, Pasar Senen, Cirebon, Semarang, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan hingga Malang.

Baca Juga: Peringati Kemerdekaan RI, PT KAI Daop 1 Bentangkan Bendera Merah Putih di Rangkaian KA

Sebagai upaya pencegahan covid 19 Para pengguna tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan sebagai syarat naik kereta api. Diantaranya menyertakan surat keterangan bebas covid, wajib mengenakan masker, bersuhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat celcius dan dalam kondisi yang sehat.

“Apalagi syarat tersebut tidak dipenuhi, maka mohon maaf tidak diperkenankan naik kereta api dan tiket dikembalikan 100 persen atau full refund. Kami mohon agar protokol kesehatan ini dapat dipatuhi bersama dengan penuh kesadaran sebagai upaya pencegahan covid 19 dan menciptakan suatu perjalanan KA yang sehat, selamat, aman, nyaman sampai tujuan”. Ungkap Noxy.

Pelayanan rapid test tersedia di Stasiun Bandung setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Noxy mengimbau agar calon penumpang yang sudah memiliki kode booking melaksanakan pemeriksaan rapid test sehari sebelum keberangkatan. 

“Kami menghimbau agar calon penumpang tidak melaksanakan pemeriksaan pada hari keberangkatan. Hal ini penting agar calon penumpang tidak terburu-buru dalam melakukan rapid test dan bisa tertinggal perjalanan kereta api,” terang Noxy.

PT KAI Daop 2 juga memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid 19 juga dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta.

Baca Juga: Antisipasi Arus Balik Liburan, KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 72 KA

Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

Di stasiun juga terdapat tanda pembatas jarak untuk memastikan terciptanya physical distancing minimal 1 meter seperti di area ruang tunggu, antrian loket go show dan pada saat boarding. Di atas kereta api, dilakukan pembatasan kapasitas penumpang 70 persen dari total tempat duduk yang tersedia dan petugas akan mobile secara berkala untuk mengecek suhu tubuh penumpang.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_

Baca Juga: Sempat Dihentikan, Kereta Api Priority Kini Hadir pada Rangkaian KA Argo Wilis

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm