Alasan Mengapa Mencari Kerja Pakai CV Sudah Tidak Efektif Lagi

13 Oktober 2020 19:35 WIB
Alasan Mengapa Mencari Kerja Pakai CV Sudah Tidak Efektif Lagi
Alasan Mengapa Mencari Kerja Pakai CV Sudah Tidak Efektif Lagi ( )

Semarang, Sonora.ID - Saat ini, setidaknya ada dua cara yang paling populer dalam mencari sekaligus melamar pekerjaan: online/digital dan konvensional.

Secara online, para pencari kerja bisa memanfaatkan berbagai situs pencari kerja, termasuk LinkedIn.

Caranya sangat sederhana. Buat akun dengan bermodalkan email, kemudian lengkapi profil sebaik mungkin. Selengkap-lengkapnya, seprofesional-profesionalnya.

Secara konvensional, cara yang digunakan juga beragam. Bisa datang langsung ke tiap perusahaan yang menyediakan proses walk in interview pada hari tertentu, mengirim CV dan/atau surat lamaran kerja ke alamat perusahaan dengan menggunakan jasa ekspedisi, bisa juga datang ke job fair (bursa kerja) yang biasanya diadakan oleh pihak pemerintah atau swasta.

Baca Juga: Polisi Selidiki Perusak Fasilitas Umum Saat Demo Omnibus Law di Makassar

Bahkan untuk job fair sendiri, beberapa tahun yang lalu sudah dilakukan secara online.

Namun ternyata, beberapa perekrut tidak benar-benar membaca secara detail informasi yang kamu berikan di dalam CV atau Curriculum Vitae. Jika ini yang terjadi, lalu seberapa efektifkah melamar dengan mengirimkan CV?

Seiring berjalannya teknologi, melamar kerja dengan mengirimkan CV menjadi cara yang konvensional bahkan cenderung tradisional.

Aplikasi online, atau bahkan bergabung di talent marketplace menjadi cara mendapatkan pekerjaan yang lebih modern, dan efektif.

Baca Juga: Bakamla Bagikan Bahan Pokok Kepada Masyarakat Pesisir yang Terdampak Covid-19

Sayangnya, CV mulai dianggap kurang akurat

Tidak hanya lowongan kerja palsu, saat ini informasi CV pun tidak sedikit yang kurang akurat. Bahkan, beberapa kandidat pun mulai melebih-lebihkan isi.

Tak hanya itu, dengan beberapa kandidat yang mulai sering menggunakan template CV, perekrut pun semakin merasa kurang dapat benar-benar melihat kualitas dan kepribadian kandidat melalui CV yang dikirimkan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm