Ingin Jadi Barista Coffe Yang Handal dan Berpengalaman, Begini Caranya

20 Juni 2021 07:44 WIB
Ingin Jadi Barista Coffe Yang Handal dan Berpengalaman, Begini Caranya
Ingin Jadi Barista Coffe Yang Handal dan Berpengalaman, Begini Caranya ( freepict.com)

Sonora.ID - Zaman semakin berkembang, dan di era saat ini banyak orang terus melakukan revolusi untuk menjadi lebih baik. Salah satu revolusi yang saat ini nyata terjadi adalah didunia pekerjaan.

Contoh nyatanya pekerjaan Barista. Dahulu mungkin seseorang memandang sebelah mata mengenai pekerjaan ini lantaran hanya dinilai sebagai petugas yang membuatkan minum semata.

Namun kini seiring dengan perkembangan jaman pekerjaan Barista kerap kali dipandang "keren" dan menjanjikan dibidang finansial.

Dilansir dari Wikipedia, Barista mulai terkenal dan naik daun pada tahun 2007 silam usai diadakannya Kompetisi Barista Indonesia (Indonesian Barista Competition) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Spesialis Kopi Indonesia (Specialty Coffee Association of Indonesia).

Baca Juga: Bank Indonesia Kembali Gelar Festival Kopi Nusantara (FKN) 2020 Secara Virtual

Pemenang kompetisi tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk mewakili Indonesia di kompetisi serupa setingkat Asia. Selanjutnya pemenang tingkat Asia akan berkompetisi kembali di tingkat dunia yaitu di Kejuaraan Barista Dunia (World Barista Championship).

Sejak saat itu profesi sebagai Barista kian digandrungi terutama bagi para remaja. Saat ini pun lahir banyak barista asal Indonesia yang diakui kehebatannya dalam meracik kopi hingga membuat art pada secangkir kopi.

Adapun sejumlah barista Indonesia yang cukup terkenal lantaran mampu menyabet gelar juara di berbagai kompetisi dunia adalah Yoshua Tanu (Common Grounds Coffee), Ryan Wibawa (Starbucks Coffee), Harison Chandra (Ottoman's Coffee), dan Restu Sadam Hassan (Hungry Bird Coffee Roaster).

Baca Juga: Tes Kepribadian: Jenis Kopi Kesukaan Anda Ungkap Kepribadian Asli Anda

Lalu bagaimana si cara menjadi seorang Barista yang handal dan Profesional sehingga mudah dilirik para pengusaha Coffe Shop?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.