7 Tanda Kamu Dikatakan Semakin Dewasa Secara Emosional, Yuk Cek!

23 Februari 2021 10:05 WIB
ilustrasi tanda seseorang bersikap dewasa
ilustrasi tanda seseorang bersikap dewasa ( freepik)

Sonora.ID -Kedewasaan tidak selalu berkaitan dengan usia seseorang. Banyak orang yang sangat brilian namun masih mempunyai sifat kekanak-kanakannya dalam penguasaan perasaannya, dalam memperoleh perhatian lebih, hingga cara seseorang memperlakukan dirinya sendiri ke orang lain.

Lalu. Apa tanda-tada jnika seseorang sudah semakin dewasa? Terkadang, kedewasaan seseorang bisa dilihat melalui cara seseorang mengatasi sebuah masalah.

Selain itu, semakin dewasa seseorang, maka orang-orang di sekitarnya akan semakin menyukainya. Oleh sebab itu, kamu juga harus mengerahui tanda-tanda apa saja seseorang dikatakan semakin dewasa secara emosional.

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Gak Kepikiran, Ini Tips Agar Kacamata Tidak Berembun saat Pakai Masker

Menyadari Bahwa Tak Ada Manusia yang Sempurna

Menyadari bahwa tak ada manusia yang sempurna di dunia ini menjadi salah satu tanda seseorang memiliki sikap dewasa. Sebab, setiap manusia memiliki bias dan prasangka. Oleh sebab itu, dalam lingkungan sosial yang saling memengaruhi, kamu juga harus bisa mengambil keputusan dan perilaku tanpa terpengaruh bias dan prasangka yang ada.

Mengakui Kesalahan

Tanda seseorang bisa dikatakan dewasa yaitu bisa mengakui kesalahan diri sendiri. Sebab, beberapa orang memiliki gengsi dan ego yang sangat tinggi. Tak sedikit dari mereka yang acuh terhadap perasaan orang lain dan bisa merugikan orang lain. Namun, apabila kamu bersikap dewasa, maka akan bisa menurunkan gengsi dan mengakui kesalahan. Bahkan, bisa berani untuk meminta maaf terlebih dahulu.

Berpikir Dulu Sebelum Bertindak

Selanjutnya, seseorang yang bersikap dewasa memiliki tanda yaitu berpikir dulu sebelum bertindak. Melalui cara berpikir yang penuh perhatian dan matangkamu punya jeda untuk berpikir dulu sebelum bereaksi terhadap emosi tertentu yang muncul.

Baca Juga: Tes Logika: Bisakah Anda Menemukan Korban dan Pembunuh dari Petunjuk Ini?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm