Belajar inovasi dari 5 perusahaan di Korea Selatan
Belajar inovasi dari 5 perusahaan di Korea Selatan ( )

Belajar Soal Inovasi Bisnis dari 5 Perusahaan Besar di Korea Selatan!

24 Februari 2021 12:05 WIB

Sonora.ID – Ada pepatah mengatakan 'Belajarlah sampai ke negeri China', kali ini kita bisa belajar lebih jauh lagi sampai ke Korea Selatan.

Jika kita melihat ke beberapa tahun yang lalu, mungkin kita akan akrab dengan perusahaan-perusahaan dari negara maju seperti Jepang, atau China.

Namun, saat ini kita bisa melihat bahwa pergerakan dari Korea Selatan ini cukup gesit, apalagi setelah demam K-wave, mulai dari K-pop hingga K-drama justru itu menggerakan perekonomian mereka.

Dalam acara 'Smart Marketing Now' bersama Andre Steawan dan Abel Syanas dari Tim Smartplus Inc membahas soal Belajar inovasi dari 5 perusahaan di Korea Selatan.

Baca Juga: Strategi Jitu Sales dalam Menciptakan Closing Deal ala James Gwee

Lantas, perusahaan apa saja kah itu? Berikut ini daftarnya, dengan inovasi-inovasi yang diterapkan dalam perusahaan di Korea Selatan tersebut.

Samsung

Hp Samsung Fold

Siapa yang tidak tahu perusahaan Samsung? Perusahaan ini berasal dari Korea Selatan dan perusahaan Samsung sudah besar sejak dahulu kala.

Andre Steawan menjelaskan beberapa alasan mengapa Samsung itu bisa menjadi perusahaan yang besar, salah satunya adalah karena adanya tim untuk riset.

"Samsung itu bisa besar karena di belakangnya itu mereka punya tim research and development yang cukup besar, dan itulah salah satu pendorong perusahaan bisa menjadi inovatif," ungkap Andre.

Baca Juga: Strategi Jitu dalam Menghadapi Era Turbulensi Ala Tung Desem Waringin

Andre menjelaskan, tim riset ini harus memikirkan bagaimana caranya inovasi produk yang mereka kembangkan itu bisa memberikan value atau nilai kepada para penggunanya.

Perusahaan Samsung, lanjut Andre, selalu mencari masalah apa yang sedang dialami oleh masyarakat dan berusaha untuk mencari cara untuk menyelesaikan masalah itu dengan teknologi yang mereka miliki.

Abel menambahkan, bahwa perusahaan Samsung juga memiliki posisi Chief Inovation Officer, yang bertugas untuk mempelajari behaviour costumer kedepannya dan menangkap tren-tren yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Abel menjelaskan ada 5 aspek yang harus diperhatikan ketika kita membahas soal inovasi, diantaranya science technology, political legal, perubahan ekonomi bisnis, social culture, perubahaan dari industry market.

Video Pilihan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm