Campervan Alternatif Liburan di Era Pandemi Covid-19

19 Maret 2021 04:05 WIB
Menparekraft Sandiaga Salahudin Uno memberikan keterangan dalam webinar bertajuk kebangkitan pariwisata Pulau Dewata.
Menparekraft Sandiaga Salahudin Uno memberikan keterangan dalam webinar bertajuk kebangkitan pariwisata Pulau Dewata. ( Dok Humas Kemenpar)

Jakarta, Sonora.Id - Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, tak sedikit orang yang biasanya sibuk dengan rutinitas kantor mendadak kehilangan greget lantaran kebijakan untuk melakukan perkerjaan dari rumah (work from home). Situasi inilah yang akhirnya membuat workation jadi salah satu opsi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan workation merupakan sebuah metode yang menggabungkan bekerja sekaligus rekreasi.

Aktivitas workation, biasanya lekat dengan citra para digital nomad yang bisa bekerja di mana pun tak terbatas tempat dan waktu. Asalkan koneksi internet mumpuni untuk merampungkan pekerjaan dan terkoneksi dengan rekan kerja secara virtual.

“Workation tak cuma menjadi solusi untuk menyeimbangkan kehidupan agar tak terasa monoton, tapi metode ini juga terbukti mampu meningkatkan produktivitas kerja,” kata Sandi dalam keterangan resmi yang diterima Redaksi Sonora.Id.

Sandiaga menambahkan salah satu kunci untuk para digital nomad adalah produk wisata. Digital nomad termasuk wisatawan nusantara, mereka harus diberikan satu produk wisata dan akses ekonomi kreatif yang bisa mendukung digital nomad sehingga mereka bisa bekerja di mana saja.

“Beruntung Indonesia memiliki banyak destinasi untuk melakukan workation, sebut saja Bali, Lombok, Danau Toba, dan lainnya. Namun tak selamanya workation itu harus pergi ke tempat yang jauh. Menuju kota tetangga dengan kendaraan, sudah tergolong workation,” tambah Sandi.

Sebagai contoh Kota Bandung, yang bisa ditempuh dalam tempo sekitar 2 jam perjalanan darat, jika bertolak dari Jakarta. Atau jika ingin merasakan perjalanan yang lumayan jauh dari Jakarta, cobalah arahkan kendaraan ke kawasan Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar).

Salah satu ide yang layak dicoba untuk workation adalah dengan campervan. Karena dengan cara ini, selain memangkas biaya sewa penginapan, kita juga akan mendapat bonus pemandangan alam yang indah di sepanjang perjalanan.

Campervan merupakan mobil yang memiliki fasilitas lengkap layaknya rumah. Semua aspek dari sebuah rumah tersedia di campervan, misalnya dapur, tempat tidur, kamar mandi, bahkan ruang makan. Campervan adalah salah satu cara favorit dan aman untuk sebuah perjalanan, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Sebelum workation dengan campervan, sebaiknya cari tahu dulu info penyewaan campervan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jika urusan campervan sudah aman, jangan lupa buat daftar tempat-tempat menawan yang ingin disinggahi selama perjalanan. Karena banyak banget destinasi wisata eksotis kalau liburannya #DiIndonesiaAja.

Dan yang terpenting dari workation dengan campervan adalah, tetap patuhi protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan di mana pun kita berada! Ingat kita harus terapkan 3M sampai pandemi ini benar-benar pergi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm