Merasa Tidak Nyaman di Rumah? Ini 5 Tanda Jika Kamu Memiliki Keluarga yang Toxic

5 Juni 2021 09:00 WIB
Ilustrasi memiliki keluarga yang toxic
Ilustrasi memiliki keluarga yang toxic ( )

Sonora.ID - Setiap orang, tentu saja menginginkan memiliki keluarga yang harmonis, saling mendukung, dan penuh kasih sayang. Meskipun terkadang sesekali terjadi perdebatan maupun konfik dalam keluarga adalah hal yang wajar.

Namun, tak semua hal bisa sesuai dengan keinginan. Pasalnya, ada pula seseorang yang merasa tidak nyaman dengan keluarga lantaran sering menyakiti atau membuat marah.

Hal tersebut mengakibatkan seseorang tidak betah jika merasa di rumah. Pada dasarnya keluarga toxic atau toxic family merupakan kondisi dimana keluarga kurang baik.

Maksud dari toxic family sendiri bisa berasal dari orangtua, kakak, adik, atau keluarga lainnya.

Nah, jika Anda termasuk memiliki keluarga yang toxic, Yuk langsung saja simak tanda-tandamya berikut ini:

Baca Juga: Tes Kepribadian: Temukan Keluarga yang Sesungguhnya dari Gambar Berikut

Merasa Disakiti Secara Psikis dan Fisik

Tanda apabila kamu memiliki keluarga yang toxic yaitu jika kamu disakiti secara psikis dan fisik. Misalnya, kamu dipanggil dengan nama yang tidak kamu sukai atau mendapat kekerasan fisik.

Tentu saja hal ini membuatmu tidak nyaman. Selain itu, melakukan kekerasan fisik maupun psikis bisa menimbulkan trauma. Oleh sebab itu, jika kamu merasakan kondisi ini, segeralah untuk berkonsultasi ke ahli medis.

Keluarga Sering Mengkritik

Keluarga umumnya harus memberikan dukungan atas pencapaian maupun kegagalanmu. Namun, hal tersebut sangat berbeda apabila kamu berada di keluarga yang toxic.

Pasalnya, kamu akan sering menerima kritik daripada dukungan. Mereka juga tidak akan merasa puas atas pencapaianmu. Hal ini tak membuatmu bangkit melainkan akan jatuh setelah diberikan kritik dari keluarga.

Baca Juga: 5 Shio yang Terlahir Membawa Keberuntungan dan Kekayaan dalam Keluarga

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.