Kunci Berkembangnya StartUp, Bagaimana Mengembangkan Sistem Informasi?

28 Juli 2021 08:10 WIB
Andri Wijaya, S.Kom, M.T.I, Dosen Sistem Informasi Universitas Musi Katholik Musi Charitas dalam acara IT Corner
Andri Wijaya, S.Kom, M.T.I, Dosen Sistem Informasi Universitas Musi Katholik Musi Charitas dalam acara IT Corner ( Sonora Palembang)

Palembang, Sonora.ID - Banyaknya berkembang perusahaan-perusahaan rintisan baru mengharuskan perusahaan yang lama sudah mulai berpikir untuk dapat bertahan/survive dalam persaingan.

Perusahaan rintisan baru atau biasa disebut dengan perusahaan startup pastinya sudah berisikan dengan pemanfaatan sistem informasi dan teknologi informasi yang canggih-canggih dalam mendukung proses-proses bisnis mereka.

"Dengan pemanfaatan yang sangat tinggi akan sistem informasi dan teknologi informasi maka secara otomatis akan membuat perusahaan tersebut lebih efektif dan efisien dalam segala hal," ujar Andri Wijaya, S.Kom, M.T.I, Dosen Sistem Informasi Universitas Musi Katholik Musi Charitas dalam acara IT Corner (27/02/2021).

Bagaimana dengan perusahaan yang lama apakah mereka mampu untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan pendatang baru tersebut? jawabanya adalah mampu dengan satu syarat adalah Sistem Informasi dan Teknologi informasi yang digunakan sekarang harus di-update.

Baca Juga: Optimis Meski Pandemi, MES: Industri Halal Tetap Bakal Berkembang

Update disini menjelaskan bahwa harus dikembangkan baik dari sisi prosedur dan teknologi-teknologinya. Pengembangan sistem informasi dapat dilakukan sendiri oleh perusahaan jika mereka memiliki sumber daya untuk hal tersebut.

Sedangkan untuk perusahaan yang tidak memiliki sumber daya sendiri mereka dapat menyewa pihak ketiga untuk melakukan pengembangan atau mereka dapat membeli sistem informasi yang sudah tersedia dipasaran dan langsung digunakan dengan meminta bimbingan dari vendor sistem tersebut.

Dalam mengembangkan sistem informasi penggunaan metodologi sangat penting dalam memberikan panduan dalam menjalankan setiap prosesnya dan dalam pengembangkan sistem informasi jangan pernah dilupakan kualitas.

Kualitas sebuah sistem informasi sangat dipengaruhi oleh proses pengembangannya sehingga akan menghasilkan sebuah sistem informasi yang berkualitas juga dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Baca Juga: Investasi di Perdagangan Berjangka, Jadi Sumber Cuan Investor Jaman Sekarang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.