Hal Unik di Balik Warteg, Warung Favorit Masyarakat Indonesia

10 September 2021 17:25 WIB
Ilustrasi warteg
Ilustrasi warteg ( travelstart.co.za)

Sonora.ID - Siapa yang tidak mengenal warteg? Warung makan favorit semua kalangan masyarakat ini merupakan warung yang berasal dari Tegal Jawa Tengah.

Warteg menjadi favorit masyarakat Indonesia terutama di pilau jawa karena rasa masakan yang nikmat dan menunya yang sangat bervariasi dari berbagai macam sayuran, ikan, daging, gorengan, sampai seafood pun ada di warteg.

Selain itu pelayananya juga sangat cepat karena masakan yang ditawarkan sudah matang semua.

Warteg juga menjadi makanan sehari hari terutama bagi anak kos, karena harganya yang sangat ramah dikantong dan porsinya melimpah, warung ini juga sangat mudah ditemukan diberbagai tempat baik di kota besar maupun di penjuru nusantara mulai dari gang kecil, kantin kantor, hingga pinggir jalan raya.

Uniknya hampir semua warteg memiliki dua pintu yang berjejer kanan dan kiri dan menaruh berbagai menunya di dalam etalase yang dapat mempermudah pembeli untuk memilih menu yang ingin dibeli.

Baca Juga: Oh Ternyata Ini Asal Muasal Kemunculan Warteg di Indonesia

Bagi Anda yang datang ramai-ramai jangan khawatir walaupun kebanyakan warteg tempatnya cukup kecil namun warteg selalu menyediakan kursi panjang yang dapat memuat banyak orang untuk duduk dan menikmati makanannya.

Selain itu banyak sekali warteg yang menambahkan kata bahari pada nama warungnya, ternyata hal itu memiliki alasan karena Tegal dijuluki dengan kota bahari yang berarti keindahan laut, maka dari itu desain warteg kebanyakan memakai warna biru yang melambangkan birunya laut. Nama bahari pun bukan milik perseorangan jadi semua orang bebas memakai pada warungnya.

Keunikan selanjutnya yaitu di kota Tegal sendiri tidak ada yang memakai istilah warteg untuk warung makanya, melainkan hanya menggunakan warung nasi dan nama tambahan sang pemilik saja. Penyebtan warteg datang dari orang diluar kota Tegal atau warung yang berada di kota lain selain kota Tegal.

Baca Juga: Resep Membuat Bobor Daun Singkong Untuk Keluarga yang Enak dan Gurih

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm