Pentingnya Peran Sekretariat Bersama Sosek Malindo bagi Hubungan Indonesia-Malaysia

18 Oktober 2021 09:30 WIB
Pentingnya Peran Sekretariat Bersama Sosek Malindo bagi Hubungan Indonesia-Malaysia
Pentingnya Peran Sekretariat Bersama Sosek Malindo bagi Hubungan Indonesia-Malaysia ( )

Sonora.ID - Hubungan antar negara menjadi salah satu modal sebuah negara untuk bisa bertahan menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan global, baik itu hubungan multilateral dan juga hubungan bilateral, seperti yang dilakukan oleh Indonesia dan Malaysia.

Dalam forum kerja sama Kelompok Kerja/Jawatan Kuasa Sosio Ekonomi Malaysia-Indonesia atau yang dikenal dengan KK/JKK Sosek Malindo, kedua negara yang hidup berdampingan ini membahas isu-isu dan mencari jalan keluar dari isu di masing-masing negara.

Tak serta merta membawa semua isu yang terjadi di dalam masing-masing negara, ada peran penting dari Sekretariat Bersama Sosek Malindo dalam hubungan kerja sama tersebut.

Baca Juga: Batas Negara Indonesia-Malaysia, Direktur Topografi TNI AD: OBP Sektor Timur Diselesaikan dengan Penuh Persahabatan

Plt Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kalimantan Barat, Ahmad Salafudin dalam perbincangan bersama dengan Radio Sonora menjabarkan bahwa Sektratriat Besama Sosek Malindo inilah yang melakukan koordinasi untuk segala bahan kerja sama.

“Sekretariat Bersama Sosek Malindo kalau di Pemerintah Pusat itu, dipimpin oleh Direktur Kawasan Perkotaan, dan Batas Negara, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri, sedangkan untuk di level Provinsi, diketuai oleh Kepala Biro yang membidangi Kerjasama. Khusus untuk Provinsi Kalimantan Barat, saat ini diampu oleh Kepala Biro Pemerintahan, Setda Provinsi Kalimantan Barat,” paparnya.

Memegang peranan penting, Sekretariat Bersama Sosek Malindo lah yang akan mengumpulkan data dan menyiapkan teknis kerja sama yang nantinya akan dibahas lebih lanjut dengan pihak negara yang bekerja sama.

Bahkan, ketika sudah ada kebijakan atau kesepakatan antara kedua negara, Sekretariat Bersama Sosek Malindo juga yang akan memastikan kebijakan tersebut berjalan dengan baik serta mengevaluasi hal-hal yang kurang.

Baca Juga: Bersama Dinas Sosial Prov Riau, UPT BP2MI Pekanbaru Fasilitasi Kepulangan PMI ke Daerah Asal

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm