Bunda Baca Jember Kasih Fajarini, Penumbuhan Literasi Bukan Tanggung Jawab Satu Pihak

28 Oktober 2021 18:27 WIB
Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional, Deni Kurniadi
Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional, Deni Kurniadi ( Perpusnas)

Jember, Sonora.Id - Literasi merupakan faktor esensial dalam pembangunan. Perlu dukungan para stakeholder agar faktor literasi mampu menunjang visi SDM Unggul Indonesia Maju. Salah satu cara untuk membentuk SDM unggul adalah dengan budaya baca.

"Membaca selain membuka wawasan cakrawala pengetahuan juga dapat membentuk mental dan perilaku seseorang," kataBunda Baca terlantik Kabupaten Jamber, Kasih Fajarini, pada kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Rembangan, Jember, Kamis, (28/10/21).

Diselenggarakannya PILM di Kab. Jember, tambah Kasih, adalah momentum yang tepat sekaligus penyemangat untuk membudayakan kegemaran budaya baca sehingga indeks literasi meningkat. Dan ini bukan tanggung jawab Bunda Literasi seorang.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi dan Minat Baca Warga, Edi Kamtono Resmikan Kalise Gang Selamat I

Anggota Komisi X DPRI RI Dapil Jember Muhammad Nur Purnamasidi mengatakan tanggung jawab penumbuhan literasi bukan tugas satu pihak. Sebagai kunci pembangunan, perlu sinergi dan kolaborasi agar literasi mampu menghasilkan kualitas (output) yang maksimal. 

Kabupaten Jember yang berpenduduk 2,5 juta jiwa, diharapkan Purnamasidi ada sinergi antara program yang diusung dirinya, yakni Kartu Indonesia Pintar (Pintar) Kuliah dengan program Bunda Literasi.

"Kami punya pelaku KUK yang bisa diajak untuk melakukan mobilisasi sehingga gerakan budaya baca berjalan lebih massif hingga ke pelosok, " tambahnya.

Sementara itu Bupati Jember Hendi Siswanto mengatakan bahwa Kab. Jember memiliki potensi SDM dan alam yang sangat luar biasa jika di-manage dengan baik.

"Membaca adalah kunci untuk berdaya saing. Kualitas pengetahuan dan kemampuan melihat potensi dari persaingan zaman juga harus diawali dengan keaktifan membaca, " kata Hendi.

Pemda Jember berjanji akan terus meningkatkan aktifitas literasi dan pembudayaan kegemaran membaca lewat dari kecamatan hingga desa. Perpustakaan Nasional terus berinvestasi dan berkomitmen untuk bersama-sama mengembangkan potensi masyarakat lewat literasi.

"Literasi membuka jalan untuk memutus rantai kemiskinan yang berawal dari kesenjangan sosial, " kata Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional, Deni Kurniadi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm