Ilustrasi menabung
Ilustrasi menabung ( )

3 Tips Menabung Mudah Usia 25-an, Sesuaikan Nominal Tabungan dengan Kondisimu!

25 November 2021 14:55 WIB

Sonora.ID – Sebagain orang usia 25-an tahun yang hanya mengandalkan satu pemasukan yaitu gaji bulanan, sangat perlu menabung untuk masa depan.

Selain untuk diri kebutuhan diri sendiri, kita juga tidak bisa selalu mengandalkan orang tua di masa mendatang. Atau bahkan ada dari kita, bisa jadi menjadi tulang punggung keluarga yang berarti perlu menabung lebih ekstra.

Selain membiayai diri sendiri masa sekarang, kita juga perlu bertanggungjawab atas masa depan kita. Salah satu bentuk tanggung jawab tersebut ialah dengan menabung.

Terdengar mudah jika kita hanya menabung saja, tapi bagaiamana bila itu dilakukan dengan konsisten serta dalam waktu yang cukup panjang? Harus ada rencana untuk melakukannya agar kita juga bisa mencapai sebuah tujuan.

Suatu hari nanti, dengan konsisten menabung kita itu akan menjadi penyelamat di masa yang akan datang dan tentunya tujuan akan terealisasikan.

Semua itu akan bisa kita lakukan dengan beberapa tips menabung sesuai dengan kondisi masing-masing orang serta menahan hal-hal yang bisa dihadapi dengan lebih mudah ataupun lebih murah. Berikut ulasannya:

Rencanakan Pengeluaran

Bagi kamu yang usia 20 tahun hingga 25 tahun dan belum memiliki perencanaan pengeluaran, cobalah untuk segera buat. Hitung pemasukan, kemudian catat pengeluaran apa saja yang kamu butuhkan.

Contoh pengeluaran tiap bulan seperti makanan, belanja keperluan mandi, kebutuhan listrik dan tempat tinggal, pengeluaran untuk tabungan, dana darurat serta dana kebaikan atau sedekah.

Setelah kamu mengetahui pegeluaran wajib kamu, berikan target berapa nominal yang kamu keluarkan untuk itu. Cobalah dalam sebulan dan lihat grafiknya, apakah ada sisa uang atau sebaliknya. Bila yang terjadi sebaliknya, berarti kamu perlu meminimalisir kembali pengeluaran kamu.

Sebagai catatan, kamu harus setiap saat menulis pengeluaranmu sekecil apapun itu. Setelah kamu membeli sesuatu segera catat di ponsel atau memo tanpa menunggu waktu lama. Hal tersebut untuk menjadikan acuan dan catatan kemana saja uang kita pergi.

Dari situ, kita akan mengetahui perlukah kita menambah uang tabungan atau sedikit mengurangi nominalnya untuk kebetuhan sehari-hari, hal ini bisa membuat kita menabung sesuai dengan kemampuan kita tanpa memaksakan.

Baca Juga: Patut Kamu Coba! Ini Cara dan Tips Hilangkan Bau Rokok pada Pakaian

Video Pilihan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm