Peringati HIV-AIDS: Kita Perlu Jauhi Virusnya, Rangkul Penderitanya

1 Desember 2021 22:00 WIB
Bertepatan dengan hari AIDS, Sonora Pontianak menghadirkan Talkhsow Sonora  satu jam bersama Puskesmas Gang Sehat Pontianak, dengan tema "Akhiri Ketimpangan, Akhiri AIDS" Narasumber :  1. dr. Astari N. - Kepala dan Dokter Puskesmas Gang Sehat. 2. Tetty Simajuntak, A.Md.Keb - Konselor Klinik Sehati UPT Puskesmas Gang Sehat. Studio Sonora Pontianak. Rabu, (01/12/2021)
Bertepatan dengan hari AIDS, Sonora Pontianak menghadirkan Talkhsow Sonora satu jam bersama Puskesmas Gang Sehat Pontianak, dengan tema "Akhiri Ketimpangan, Akhiri AIDS" Narasumber : 1. dr. Astari N. - Kepala dan Dokter Puskesmas Gang Sehat. 2. Tetty Simajuntak, A.Md.Keb - Konselor Klinik Sehati UPT Puskesmas Gang Sehat. Studio Sonora Pontianak. Rabu, (01/12/2021) ( Husnul Arif / Sonora Pontianak)

 

Pontianak, Sonora.ID - Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Desember. Melansir laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tahun ini peringatan Hari AIDS sedunia mengusung tema "Akhiri Ketidaksetaraan. Akhiri AIDS".

Bertepatan dengan hari AIDS, Sonora Pontianak menghadirkan Talkshow Sonora  satu jam bersama Puskesmas Gang Sehat Pontianak, dengan tema "Akhiri Ketimpangan, Akhiri AIDS"

Adapun Narasumber : 

  1. dr. Astari N. - Kepala dan Dokter Puskesmas Gang Sehat
  2. Tetty Simajuntak, A.Md.Keb - Konselor Klinik Sehati UPT Puskesmas Gang Sehat

Di sela-sela Talkshow sedang berlangsung, ternyata ada yang unik ditulis oleh dr. Astari Nurtilawati, selaku Kepala dan Dokter Puskesmas Gang Sehat Pontianak  sebagai berikut : 

“Kulihat mendung menghalangi pancaran wajahmu

Tak terbiasa kudapati terdiam mendura

Apa gerangan bergemuruh di ruang benakmu?

Sekilas galau mata ingin bercerita

Kudatang sahabat bagi jiwa

Saat batin merintih

Usah kau lara sendir

Masih ada aku di sini

Letakkan tanganmu di atas bahuku

Biar terbagi beban itu dan tegar dirimu”

Di atas adalah sepenggal lirik lagu lawas yang dinyanyikan oleh Katon Bagaskara berduet dengan Ruth Sahanaya. Dalam keterangan lagu disebutkan penyakit AIDS memang menjadi momok tersendiri di seluruh dunia sejak pertengahan tahun 80-an, tepatnya sejak beberapa selebriti internasional seperti pemain basket Magic Johnson dan musisi terkenal Rock Hudson atau Freddie Mercury kedapatan menderita penyakit ini.

Tidak heran, kampanye pencegahan dan penanganan serta pemahaman akan penyakit ini banyak dilakukan dengan berbagai cara, satu diantaranya adalah melalui musik.

Sebenarnya apa itu HIV-AIDS? HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menginfeksi sel darah putih sehingga menyebabkan turunnya kekebalan tubuh manusia.

Sedangkan AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) adalah sekumpulan gejala yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan oleh infeksi HIV.

Baca Juga: Sejak 2020 hingga 2021, Terdapat 652 Temuan Kasus HIV-AIDS di Wonogiri

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm